PENGATURAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA ANAK DI TINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN (SIMILARITY)

Suci Flambonita, Suci (2023) PENGATURAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA ANAK DI TINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG KETENAGAKERJAAN (SIMILARITY). CV. Revka Prima Media, Surakarta. (Unpublished)

[thumbnail of SIMILARITY] Text (SIMILARITY)
Melindungi Pekerja Anak.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Anak adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, sebagai mahluk ciptaan�Nya yang perlu dilindungi harga diri dan martabatnya serta dijamin hak hidupnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai fitrah dan kodratnya. Segala bentuk perlakuan yang mengganggu dan merusak hak-hak dasarnya di berbagai bentuk pemanfaatan dan eksploitasi yang tidak berperikemanusiaan yang harus segera dihentikan tanpa terkecuali. Terkait dengan perlindungan anak, Penjelasan Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 menjelaskan bahwa anak adalah amanah sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa harus dijaga karena dalam dirinya melekat harkat, martabat, dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Demikian pula dalam rangka penyelenggaraan perlindungan anak, negara dan pemerintah bertanggung jawab menyediakan fasilitas dan aksesibilitas bagi anak, terutama dalam menjamin pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal dan terarah. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat ada sebanyak 2,3 juta anak yang menjadi pekerja dari total 8,4 juta anak. Perlindungan hukum yang diberikan oleh Negara kepada setiap warganya merupakan hak konstitusional yang wajib diterima oleh setiap warga Negara, oleh karena itu tidak ada alasan yang dapat dijadikan sebagai pembenar untuk meniadakan anak dalam setiap lini termasuk dalam hal pekerjaan, karenanya hak-hak mereka harus dilindungi agar tidak terjadi kesewenang-wenangan terhadap hak anak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: perlindungan, hukum, pekerja anak
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Suci Flambonita
Date Deposited: 06 May 2023 13:35
Last Modified: 06 May 2023 13:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/100149

Actions (login required)

View Item View Item