OPTIMASI LUAS LAHAN DAN JADWAL TANAM TEBU DI LAHAN KERING (Studi Kasus di Pabrik Gula Cinta Manis PT Perkebunan Nusantara VII Sumatera Selatan)

Iskandar, K.H. (1999) OPTIMASI LUAS LAHAN DAN JADWAL TANAM TEBU DI LAHAN KERING (Studi Kasus di Pabrik Gula Cinta Manis PT Perkebunan Nusantara VII Sumatera Selatan). In: Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Menciptakan Masyarakat yang Maju dan Mandiri, 3 Maret 1999, Palembang.

[thumbnail of Prosiding seminar hasil penelitian pertanian 1999.pdf] Text
Prosiding seminar hasil penelitian pertanian 1999.pdf

Download (14MB)

Abstract

OPTIMASI LUAS LAHAN DAN JADWAL TANAM TEBU DI LAHAN KERING (Studi Kasus di Pabrik Gula Cinta Manis PT Perkebunan Nusantara VII Sumatera Selatan) Oleh K.H.Iskandar kh.iskandar@fp.unsri.ac.id Program Studi Teknik Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya ABSTRAK Artikel ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan di Perkebunan Tebu Pabrik Gula Cinta Manis Sumatera Selatan dengan pendekatan model program linier. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan luas lahan dan jadwal tanam optimum berdasarkan tujuan :1) maksimisasi perolehan hablur gula dan 2) minimisasi penurunan produktivitas tebu akibat defisit air dengan mempertimbangkan kendala ketersediaan tenaga kerja manusia, ketersediaan tenaga mesin, ketersediaan pompa irigasi, kapasitas giling di pabrik dan luas lahan tersedia. Hasil keluaran optimum menunjukkan bahwa dengan memaksimumkan perolehan hablur gula dapat diperoleh 45.909,79 Ton hablur Gula dan nilai ini 15,0570 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata produksi dari tahun 1986-1995. Model optimasi ini juga mampu mengurangi penurunan produksi akibat defisit air rata-rata 10,06 Ton per hektar. Kata Kunci: luas lahan optimum, minimisasi, hablur gula, produktivitas, defisit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
S Agriculture > S Agriculture (General) > S539.5-542.3 Research. Experimentation
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54211-Agricultural Technology (S1)
Depositing User: K.H. ISKANDAR
Date Deposited: 07 May 2023 15:12
Last Modified: 28 Jul 2023 10:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/100337

Actions (login required)

View Item View Item