Similarity ANAK BERKONFLIK DENGAN HUKUM DI SUMATERA SELATAN

Hapsari, Dyah and Sartika, Diana Dewi (2022) Similarity ANAK BERKONFLIK DENGAN HUKUM DI SUMATERA SELATAN. Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Turnitin Anak Berkonflik dengan Hukum.pdf] Text
Turnitin Anak Berkonflik dengan Hukum.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Fenomena anak sebagai pelaku kejahatan (anak berkonflik dengan hukum/ABH) memang merupakan fenomena yang ada di tengah kehidupan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa kejahatan tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi dapat pula dilakukan oleh anak-anak. Studi ini dikhususkan untuk mendeskripsikan sejumlah data terkait anak dan kejahatan, khususnya pada anak pelaku (anak berkonflik dengan hukum) di Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan studi kualitatif, dimana infoman ditentukan secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, untuk kemudian dianalisis dan disimpulkan. Kejahatan merupakan salah satu ekses negatif dari masifnya pembangunan perkotaan. Data spesifik mengenai tindak kejahatan yang dilakukan ABH di Sumatera Selatan menunjukkan bahwa: (1). Pada Tahun 2020, rata-rata jumlah ABH yang menghuni LPKA di Provinsi Sumsel merupakan yang tertinggi di Indonesia, (2). Pencurian merupakan jenis tindak kejahatan terbanyak yang menjerat ABH, (3). Dibandingkan dengan 18 (delapan belas) kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sumsel, sebagian besar ABH di provinsi ini berasal dari Kota Palembang. Peneliti merekomendasikan perlunya upaya transformasi, khususnya terkait dengan membangun kapasitas refleksif pada anak dan penguatan institusi keluarga sebagai institusi primer, agar anak dapat tumbuh dengan karakter positif yang kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan habitus kejahatan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Anak; Anak Berkonflik dengan Hukum; Kejahatan; Sumatera Selatan
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Diana Dewi Sartika
Date Deposited: 10 May 2023 01:04
Last Modified: 10 May 2023 01:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/101375

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item