Laporan Penelitian Pengkajian Dasar Tehnik Pengolahan Air Limbah Domestik yang Sesuai Untuk Mengurangi Pencemaran di Wilayah Sekitar Sungai di Kota Palembang.

Verawaty, Marieska (2017) Laporan Penelitian Pengkajian Dasar Tehnik Pengolahan Air Limbah Domestik yang Sesuai Untuk Mengurangi Pencemaran di Wilayah Sekitar Sungai di Kota Palembang. Simlitabmas Kemenristekdikti.

[thumbnail of Lembar Pengesahan PDUPT Kajian Dasar Pengolahan limbah Domestik] Archive (Lembar Pengesahan PDUPT Kajian Dasar Pengolahan limbah Domestik)
Marieska Verawatay_Hibah Dikti_Kajian Dasar Limbah Domestik.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kualitas air Sungai Musi yang semakin menurun dari waktu ke waktu sebagai akibat meningkatnya pencemaran air limbah domestik perlu segera ditanggulangi, mengingat keberlangsungan ketersediaan air bersih berperan penting dalam menjaga perekonomian dan kehidupan sosial yang sehat. Salah satu teknologi pengolahanair limbah domestik yang dianggap ideal dan dapat diaplikasikan di perkotaan yang belum memilikisistempipanisasi saluran pembuangan air limbah domestik yang terintegrasi dengan suatu sisteminstalasi pengolahan air limbah (IPAL)terpadu adalahtehnik pengolahan air limbah menggunakan teknologi penggabungan Anaerobic Baflled Reactor (ABR) dan Constructed Wetland (CW). Teknologi ini dipertimbangkan sebagai teknologi yang aplikatif, karena kedua teknologi ini bersifat sederhana, hemat energi, tidak membutuhkan sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi dalam sistem pengoperasiannya dan bersifat ekonomis.Sebagai upaya pengembangannya, maka kriteria penting yang perlu diteliti dalam mendesain strategi atau cara mengoperasikan bioreaktor untuk mencapai kinerja yang effisien dan optimal, yaitu dengan cara menguji dan mengukur kinerja sistem tersebut dalam mengolah air limbah (tahap penelitian dasar pada skala laboratorium) melalui pengukuran persentase penurunan parameter pencemar pada air limbah dan kinerja mikroorganisme yang berperan dalam menurunkan kadar polutan pada air limbah. Studi yang akan dilakukan ini sangat mendukung Renstra Universitas Sriwijaya 2016-2020, di mana salah satu program dan topik unggulannya adalah bidang lingkungan dan keanekaragaman hayati, lebih spesifik ditujukan sebagai upaya untukpengelolaan limbah cair terpadu perkotaan. Diharapkan melalui kajian ini akan diperoleh teknologi tepat guna dan ramah lingkungan dalam pengelolaan limbah cair terpadu di Kota Palembang, demi terciptanya konsep dan disain teknik pengelolaan limbah cair terpadu (waste water treatmen plant) untuk perkotaan dengan pendekatan biologi. Tujuan akhir yang diiginkan adalah adanya penurunan zat pencemar di sungai dalam badan air kota Palembang, sehingga kualitas air permukaan meningkat, sehingga dapat mengurangi kemungkinan bencana kelangkaan air bersih di masa yang akan dating dapat dikurangi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr. Marieska Verawaty
Date Deposited: 10 May 2023 01:16
Last Modified: 10 May 2023 01:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/101380

Actions (login required)

View Item View Item