Laporan Penelitian: MEKANISME ADSORBSI BESI OLEH MAKROALGA DAN MIKROALGA DALAM SISTEM PENGOLAHAN AIR RAWA

Verawaty, Marieska (2015) Laporan Penelitian: MEKANISME ADSORBSI BESI OLEH MAKROALGA DAN MIKROALGA DALAM SISTEM PENGOLAHAN AIR RAWA. Simlitabmas Kemenristekdikti. (Submitted)

[thumbnail of Lembar Pengesahan Kompetitif Nasional_Fundamental] Text (Lembar Pengesahan Kompetitif Nasional_Fundamental)
Marieska Verawatay_Hibah Kompetitif Nasional Fundamental_ Algae.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan utama masyarakat yang bermukim di sekitar kota Palembang dan di daerah pedesaan di wilayah hilir Sumatea Selatan adalah minimnya penyediaan sarana air bersih. Masyarakat yang bermukim di wilayah tesebut harus menggunakan air rawa dengan kondisi yang kurang layak. Salah satu sebabnya karena pH yang rendah, kandungan material organik dan kandungan besi yang tinggi. Biosorpsi merupakan salah satu metoda yang efektif dalam menghilangkan polutan logam berat antara lain besi (Fe) dalam rangka meningkatkan kualitas air agar memenuhi kualitas untuk layak digunakan. Beberapa jenis makroalga seperti Spirogyra sp, Oedogonium sp, dan mikroalga seperti Scenedesmus sp, Chlorella sp telah dilaporkan kemampuannya sebagai biosorpsi ion logam untuk memperbaiki kualitas air, namun mekanisme utama yang terlibat pada proses penyerapan tersebut masih perlu dikaji lebuh mendalam. Pada penelitian ini akan dipelajari mekanisme yang terjadi pada proses adsorpsi logam besi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas air rawa pada skala laboratorium. Untuk menentukan karakteristik alga sebagai biosorben, biomassa alga akan dianalisis melalui penghitungan luas permukaan menggunakan metode Brunauer, Emmett and Teller (BET), morfologi permukaan analisa foto hasil pemotretan menggunakan scanning electron microscope (SEM), penentuan gugus fungsi permukaan menggunakan Fourier transform infrared spectroscopy (FTIR) serta mekanisme interaksi antara permukaan alga dan Fe yang mungkin terjadi selama penyerapan akan di analisa menggunakan X-ray diffraction analysis (XRD). Tingkat penyerapan besi diukur menggunakan Atomic Absorption Spectrometry (AAS). Sebagai indikator keberhasilan proses biosorpsi logam Fe oleh alga, beberapa parameter seperti derajat keasaman, kandungan besi, kandungan oksigen terlarut, serta kandungan bahan organik akan dianalisis. Sampel air rawa yang digunakan dalam penelitian ini diambil disekitar kampus Universitas Sriwijaya di Inderalaya dan parameter tersebut diatas akan dianalisis pada saat sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan sistem batch dan kontinyu dan juga mini bioreaktor yang berisi biosorben dari alga. Diharapkan setelah proses perlakuan menggunakan mini bioreaktor yang berisi material biosorben maka kualitas air rawa meningkat.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr. Marieska Verawaty
Date Deposited: 10 May 2023 02:42
Last Modified: 10 May 2023 02:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/101384

Actions (login required)

View Item View Item