Makalah Seminar Nasional Pendidikan IPA Apit Fathurohman: Pengembangan Modul Fisika Materi Hukum Gerak Newton Berbasis Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Fathurohman, Apit (2017) Makalah Seminar Nasional Pendidikan IPA Apit Fathurohman: Pengembangan Modul Fisika Materi Hukum Gerak Newton Berbasis Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Atas (SMA). In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 23 September 2017, Palembang.

[thumbnail of Pengembangan Modul Fisika Materi Hukum Gerak Newton Berbasis Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Atas (SMA).pdf] Text
Pengembangan Modul Fisika Materi Hukum Gerak Newton Berbasis Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Atas (SMA).pdf - Published Version

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika materi Hukum Gerak Newton di SMA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE dan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahap evaluasi formastif Tessmer dalam penelitian ini yaitu self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Pada penelitian ini digunakaninstrumen validasi modul, dan instrumen angket kepraktisan. Subjek penelitian tahap expert review yaitu ahli pedagogik, content, dan desain. Subjek one-to-one dan small group evaluation yaitu kelas X SMA Plus Negeri 2 Banyuasin. Hasil pengembangan diperoleh bahwa Modul Fisika SMA/MA materi Hukum Newton tentang Gerak berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)terkategori valid dengan rata-rata 3,13 dan terkategori praktis dengan kepraktisan rata-rata sebesar 3,18. Modul yang telah dikembangkan dapat menjadi alternatif bagi para pengajar untuk dijadikan referensi dan sumber belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Mr Apit Fathurohman
Date Deposited: 17 May 2023 07:25
Last Modified: 17 May 2023 07:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/102473

Actions (login required)

View Item View Item