Similarity index: PEMANFAATAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN DOSIS BERBEDA SEBAGAI SUMBER KARBON PEMBENTUK BIOFLOK PADA MEDIA PEMELIHARAAN BENIH IKAN PATIN (PANGASIUS SP.)

Runa, Novi Mayang and Fitrani, Mirna and Taqwa, Ferdinand Hukama (2019) Similarity index: PEMANFAATAN TEPUNG TAPIOKA DENGAN DOSIS BERBEDA SEBAGAI SUMBER KARBON PEMBENTUK BIOFLOK PADA MEDIA PEMELIHARAAN BENIH IKAN PATIN (PANGASIUS SP.). Jurusan Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Airlangga., Surabaya.

[thumbnail of Similarity index: Tapioka bioflok JAFH] Text (Similarity index: Tapioka bioflok JAFH)
turnitin tepung tapioka bioflok_JAFH Mayang.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknologi bioflok merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan pembudidaya untuk pengelolaan kualitas air media budidaya dengan memanfaatkan bakteri heterotrof dengan melakukan penambahan unsur karbon organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung tapioka sebagai sumber karbon bioflok pada pemeliharaan benih ikan patin terhadap kualitas air media pemeliharaan, kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan patin. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2015 di Laboratorium Budidaya Perairan, Program studi Akuakultur, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan empat perlakuan dan tiga ulangan. Pemberian karbon berupa dosis tepung tapioka menggunakan rasio C/N 5, 10 dan 15. Hasil penelitian diketahui bahwa pemberian tepung tapioka sebagai sumber karbon dengan rasio C/N 15 merupakan perlakuan terbaik dengan persentase rata-rata kelangsungan hidup benih ikan patin sebesar 88%, pertumbuhan panjang mutlak sebesar 3,20 cm dan pertumbuhan berat mutlak 2,26 g.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54243-Aquaculture (S1)
Depositing User: Mr. Ferdinand Hukama Taqwa
Date Deposited: 13 May 2023 11:06
Last Modified: 13 May 2023 11:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/102921

Actions (login required)

View Item View Item