KETERANGAN LOLOS KAJI ETIK DESCRIPTION OF ETHICAL APPROVAL “ETHICAL APPROVAL” Nomor : 112/UN9.FKM/TU.KKE/2022 a.n Syofyanengsih Judul Artikel Hubungan Peran Keluarga terhadap Kejadian Stunting: Literature Review

Novrikasari, Novrikasari KETERANGAN LOLOS KAJI ETIK DESCRIPTION OF ETHICAL APPROVAL “ETHICAL APPROVAL” Nomor : 112/UN9.FKM/TU.KKE/2022 a.n Syofyanengsih Judul Artikel Hubungan Peran Keluarga terhadap Kejadian Stunting: Literature Review. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 59. Hubungan Peran Keluarga Dalam Deteksi Dini Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Balita.pdf] Text
59. Hubungan Peran Keluarga Dalam Deteksi Dini Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Balita.pdf

Download (551kB)

Abstract

Masalah gizi buruk merupakan masalah yang dialami oleh setiap negara di dunia, termasuk Indonesia. Itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor keluarga yang berhubungan dengan stunting di Indonesia. Lima database (Scopus, Science Direct, EBSCO, ProQuest, dan PubMed) dieksplorasi untuk menemukan artikel relevan yang diterbitkan dari 2015 hingga 2020. Pencarian Boolean menggunakan "faktor", "pengerdilan", "induk" dan "Indonesia" dalam judul, abstrak, atau kata kunci. Kriteria inklusi adalah: artikel asli dalam bahasa Inggris; sumber dari jurnal; lokasi penelitian di wilayah Indonesia; keluarga dengan anak < 5 tahun; dan tersedia dalam teks lengkap. Tinjauan sistematis ini menggunakan pedoman PRISMA. Faktor penentu dianalisis berdasarkan kerangka konseptual WHO untuk pengerdilan. Kami mengidentifikasi 120 artikel, dan 20 dianggap relevan untuk tinjauan sistematis ini. Desain penelitian utama untuk 20 jurnal ini adalah cross sectional. Tinjauan ini menunjukkan bahwa stunting di Indonesia masih sangat tinggi. Faktor keluarga yang berhubungan dengan stunting di Indonesia antara lain pendidikan pengasuh yang rendah, kesejahteraan rumah tangga yang rendah, gizi buruk selama kehamilan, sanitasi yang buruk, dan persediaan air yang tidak memadai, ayah yang merokok, ibu muda dan pola asuh yang buruk. Hasil penelitian menjadi dasar untuk mengembangkan family centered care untuk stunting.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > Certificate / Certificate Ethic
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: Dr Novrikasari Novrikasari
Date Deposited: 13 May 2023 11:20
Last Modified: 13 May 2023 11:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/102973

Actions (login required)

View Item View Item