Abdullah, Muhammad Yusuf (2012) Strategi Efektif Pembelajaran Fisika: Ajarkan Konsep. In: Seminar Nasional Fisika, 4 Juli 2012, Palembang.
Preview |
Text
Strategi_Efektif_Pembelajaran_Fisika_Ajarkan_Konsep.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Kebanyakan guru fisika mengajarkan fisika dengan memberikan rumus-rumus matematik. Oleh siswa, rumus-rumus itu dihafal, untuk kemudian digunakan dalam latihan pemecahan soal-soal. Strategi pengajaran seperti ini tidak banyak membantu siswa dalam memecahkan soal lain dengan konteks yang sedikit berbeda. Hal ini dikarenakan siswa tidak memahami konsep yang relevan untuk menyelesaikan soal yang dihadapi. Makalah ini memaparkan strategi pengajaran fisika yang efektif, yakni memberikan pemahaman konseptual lebih dulu sebelum memberikan rumus-rumus matematik. Strategi ini didasarkan pada hasil-hasil penelitian bidang pendidikan fisika. Kata kunci: Strategi Pengajaran Fisika, Konsep Fisika, Pemahaman Konseptual
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Yusuf Adullah |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 07:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 07:59 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10312 |
Actions (login required)
View Item |