Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Medan Listrik

Abdullah, Muhammad Yusuf (2010) Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Medan Listrik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2010. ISSN 978-979-8510-11-3

[thumbnail of Pemahaman_Mahasiswa_terhadap_Konsep_Medan_Listrik.pdf]
Preview
Text
Pemahaman_Mahasiswa_terhadap_Konsep_Medan_Listrik.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pemahaman mahasiswa terhadap konsep mendan listrik. Subjek penelitian adalah mahasiswa tahun pertama yang mengikuti mata kuliah Fisika Dasar dan mahasiswa tahun kedua yang mengikuti mata kuliah Listrik Magnet tahun akademik 2008/2009 sebuah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran yang dilakukan lebih dominan dengan pendekatan matematik mahasiswa pada kedua tingkatan tersebut mengalami kesulitan dalam membedakan gaya dan medan listrik. Kesulitan lainnya adalah dalam menggambar pola medan listrik di sekitar muatan titik. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah dalam merepresentasikan besar dan arah medan listrik pada titik-titik pada berbagai tempat menggunakan vektor medan. Mahasiswa juga masih lemah dalam memahami fungsi garis-garis dalam diagram garis medan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Yusuf Adullah
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:59
Last Modified: 07 Oct 2019 07:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item