MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Abdullah, Muhammad Yusuf (2009) MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. In: Seminar Nasional Pendidikan, 14 Mei 2009, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of Multirepresentasi_dalam_Pembelajaran_Fisika.pdf]
Preview
Text
Multirepresentasi_dalam_Pembelajaran_Fisika.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Konsep fisika dapat direpresentasikan dalam banyak format (multirepresentasi). Namun selama ini fisika lebih banyak diajarkan melalui rumus-rumus matematik, dengan sedikit sekali mengajarkan makna fisis dari rumus-rumus tersebut. Padahal matematik hanyalah salah satu format representasi. Representasi-representasi lain yakni representasi verbal, gambar atau diagram, dan representasi grafik masih sedikit sekali digunakan dalam pembelajaran. Dari banyak hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan multirepresentasi dapat membantu siswa/mahasiswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Makalah ini memaparkan pengertian multirepresentasi, mengapa menggunakan multirepresentasi, dan bagaimana menggunakan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Yusuf Adullah
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:00
Last Modified: 07 Oct 2019 08:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item