Konsep Pendidikan Jasmani dan Olahraga Melalui Pendekatan Permainan di SD

Iyakrus, Dr (2014) Konsep Pendidikan Jasmani dan Olahraga Melalui Pendekatan Permainan di SD. In: Bunga Rampai Olahraga. Referensi (GP Press Group) Jakarta, Ciputat, Jakarta Selatan, pp. 50-59. ISBN 978-979-9152-39-8

[thumbnail of Penjas] Other (Penjas)
KONSEP_PENJAS_MELALUIPENDEKATAN_PERMAINAN.DOC

Download (61kB)

Abstract

Dalam literatur terdapat beberapa definisi tentang Pendidikan Jasmani yang berpariasi antara satu dengan lainnya . Setiap penulis cendrung memberikan definisi Pendidikan Jasmani menurut pandangannya masing-masing. Pendapat James (1989) Pendidikan Jasmani adalah suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, atau suatu pendidikan melalui proses adabtasi aktivitas-aktivitas jasmani/physical activities seperti organ tubuh, neuromuscular, intelektual, sosial, cultur, emosional, dan etika. Sedangkan Cholik, T., (1997) Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang melibatkan interaksi antara peserta didik (anak didik) dengan lingkungan yang dikelola melalui aktivitas jasmani secara sistematik menuju pembentukan manusia seutuhnya. Menurut Pusat Penelitian Olahraga Universitas Airlangga Surabaya (1994) pendidikan jasmani adalah pendidikan yang mengaktualisasi potensi-potensi aktivitas manusia berupa sikap, tindak dan karya yang diberi bentuk, isi dan arah untuk menuju kebulatan kepribadian manusia dengan cita-cita kemanusiaan.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:26
Last Modified: 07 Oct 2019 08:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item