PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEMILAHAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA

Fatimah, Siti (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEMILAHAN KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Jurnal Forum SOSIAL, VII (1). pp. 459-465. ISSN 1972-8681

[thumbnail of Siti_Fatimah_Jurnal_Strategi.pdf]
Preview
Text
Siti_Fatimah_Jurnal_Strategi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah Ada Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Pemilahan Kartu dengan Mencocokan Kartu Indeks Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikPada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri1Tanjung Raja?. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMPNegeri 1 Tanjung Raja yang terdiri dari 6 kelas semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 194peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32peserta didik dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan Tes dan Observasi. Statistik yang digunakan untuk mengalisis data yaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (\ensuremathα = 0,05). Berdasarkan analisis data tes yang dilakukan, hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,19 sedangkan ttabel = 1,99, sehingga pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran aktif pemilahan kartu dengan mencocokan kartu indeks terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari rerata hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen sebelum mendapat perlakuan rerata hasil belajar peserta didik sebesar 50,8 sedangkan setelah mendapat perlakuan maka rerata hasil belajar meningkat menjadi 79,1 dengan selisih sebesar 28,3. Pada kelas kontrol sebelum perlakuan rerata hasil belajar peserta didik sebesar 40,5 sedangkan setelah mendapat perlakuan rerata hasil belajar peserta didik menjadi 61,5 dengan selisih 21. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 87,5% dan kelas kontrol 89,58% sehingga dapat diinterpretasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif pemilahan kartu yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Pemilahan Kartu, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:21
Last Modified: 08 Oct 2019 02:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item