PERSEPSI GURU BIDANG STUDI TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KOTA PALEMBANG

A.R., Aisyah (2012) PERSEPSI GURU BIDANG STUDI TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KOTA PALEMBANG. Prosiding Seminar Internasional Konseling Malindo-2. pp. 339-349. ISSN 978-602-17125-0-4

[thumbnail of PERSEPSI_GURU_TERHADAP_MANAJEMEN_BK.docx] Text
PERSEPSI_GURU_TERHADAP_MANAJEMEN_BK.docx

Download (41kB)

Abstract

Kegiatan pendidikan terdapat tiga bidang yang saling terkait yaitu adminis-trasi supervisi adalah pimpinan sekolah, pengajaran adalah guru bidang studi dan bimbingan konseling adalah konslor dalam membantu perkembangan peserta didik. Ketiga bidang ini bekerja sama membantu pelaksanaan pencapaian tujuan pendidikan. Ketidaklancaran pe-laksanaan bimbingan konseling diseko-lah sering mengalami ketidak sesuaian yang bukan hanya disebabkan latar belakang pendidikan ataupun keterampil-an membimbing saja namun yang sering terjadi ketidakmampuan konselor meren-cankan, mengkoordinasikan, mengontrol program pelaksanaan bahkan belum mampu menganalisis dan mengevaluasi kegiatannya. Tujuan survey awal dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan manajemen dan kinerja konselor di sekolah dan layanan bimbingan konseling sudah maksimal sesuai dengan strategi pelaksanaannya, melalui persepsi guru bidang studi yang berada di sekolah menengah di kota Palembang. Hasil yang diperoleh dari survey awal ini menunjukkan: A) bidang strategi manaje-men: 1) pelaksanaan dan menyeleng-garakan program-program BK 40% belum melaksanakan dengan baik, 2) Tanggapan terhadap guru BK dalam pembuatan program tahunan, bulanan dan harian 30% menjawab membuat dan menjalankan, 3. Penerapan tujuan, ma-teri-materi BK dinyatakan baik hanya 30%, 4) Guru BK melaksanakan program dengan tahap-tahap dan prosedur yang baik hanya 20%, 5) guru BK yang melakukan kegiatan evaluasi terhadap program 40%, yang tidak melakukan evaluasi sebesar. 50%. B) Bidang Layanan: 1) layanan dasar: a) melaku-kan bimbingan klasikal menjawab ?ya? 20%, b) melakukan bimbingan menjawab ?ya? sebesar 25%, c) melakukan kolabo-rasi dengan guru dan orang tua siswa rata-rata15% menjawab ?ya? . 2) Layan-an perposifL a) melakukan konsultasi 40%, 2) konseling individu dan kelompok 30%, 3) alih tangan 10%, 4) bimbingan teman sebaya 10%. Dari hasil survey menyimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen BK dan pelak-sanaan BK sendiri belum dilakukan secara memadai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kunci: strategi, manajemen, bimbingan konseling
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:34
Last Modified: 08 Oct 2019 03:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item