Fatimah, Siti (2006) Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Mengadakan Variasi dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Indralaya Ogan Ilir. Seminar Program Pengembangan Diri 2006. pp. 1-9.
Preview |
Text
KOMPETENSI_GURU.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Guru mempunyai peranan yang penting dalam keseluruhan upaya pendidikan. Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kompetensi guru ekonomi mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar di SMAN 1 Indralaya. Populasi semua guru ekonomi berjumlah empat guru. Untuk mengumpulkan data digunakan observasi, metode analisis digunakan deskripsi yang memusatkan perhatian pada penilaian keterampilan mengadakan variasi guru ekonomi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar guru ekonomi telah mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar, yang mana penilaiannya diambil dari lembar penilaian keterampilan variasi dari APKG. Dari 17 komponen yang dinilai 14 komponen sudah muncul dalam proses belajar mengajar dan interaksi yang dilakukan adalah intekasi guru-siswa-siswa. Namun masih dipandang perlu diadakan variasi yang belum muncul diantaranya variasi kecepatan bicara, perubahan mimik, bergerak dalam kelas untuk maksud berbeda, dan memberi kesempatan memegang atau memanipulasi benda. kata kunci: kompetensi guru, mengadakan variasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Tiwi Pratiwi Marini |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 08:27 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10389 |
Actions (login required)
View Item |