ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH NANAS DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALEMBANG

KURNIANTI, IIN and Asmani, Najib and Hakim, Maryati Mustofa (2008) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH NANAS DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_54201_05043104023.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (51MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_02.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_03.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_04.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_05.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_06_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_07_lamp.pdf] Text
RAMA_54201_05043104023_9990477416_9990047746_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran yang terjadi dalam pemasaran nanas di Kota Palembang, (2) mendeskripsikan fungsifungsi pemasaran yang diterapkan oleh lembaga pemasaran nanas di Kota Palembang, (3) menghitung tingkat efisiensi pemasaran dilihat dari marjin pemasaran, keuntungan pemasaran, dan farmer’s share, dan (4) mengetahui jumlah produk yang menjadi limbah pada pedagang besar dan pedagang pengecer nanas di Kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Induk Jakabaring, Pasar 7 Ulu, Pasar Cinde, Pasar Lemabang dan Pasar Kuto selama lima minggu pada bulan April sampai Mei 2008. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang pengumpul membeli nanas dari petani nanas asal Ogan Ilir, kemudian menjual nanas kepada pedagang besar di Pasar 7 Ulu dan Pasar Jakabaring. Selanjutnya pedagang pengecer Pasar Lemabang dan Pasar Cinde membeli nanas langsung ke pedagang besar di 7 Ulu, sedangkan pedagang pengecer Pasar Kuto membeli nanas langsung ke pedagang besar di Jakabaring untuk kemudian dijual pada konsumen akhir. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran nanas di Kota Palembang adalah fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi penyimpanan, fungsi pengangkutan, fungsi standarisasi dan grading, fungsi pembiayaan, fungsi penanggungan resiko, dan fungsi informasi pasar. Pemasaran nanas di tingkat pedagang besar dan di tingkat pedagang pengumpul telah berlangsung efisien, sedangkan pemasaran di tingkat pedagang pengecer berlangsung tidak efisien. Maijin pemasaran nanas di tingkat pedagang pengecer lebih besar dari pada maijin pemasaran di tingkat pengumpul dan di tingkat pedagang besar. Farmer ’s share sebesar 32,62 % dari harga konsumen per kilogram, dan trader's share terbesar berada ditingkat pedagang pengecer dengan persentase sebesar 15,62 %. Keuntungan pemasaran nanas di tingkat pedagang pengecer lebih besar daripada keuntungan pemasaran di tingkat pedagang pengumpul dan di tingkat pedagang besar. Limbah nanas pada pedagang besar dengan volume rata-rata 230,98kg per minggu atau 4,63% dari volume penjualan total. Limbah nanas pada pedagang pengecer dengan volume rata-rata 587,84 kg per minggu atau 36,44 % dari volume penjualan total. Buah tidak segar pada pedagang pengecer dengan volume rata-rata 14,47 kg per minggu. Limbah nanas tidak dijual, sehingga langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah, sedangkan buah tidak segar masih dapat dijual dengan harga jual rata-rata Rp788,12 per kg.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Buah Nanas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 24 May 2023 03:58
Last Modified: 24 May 2023 03:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/104861

Actions (login required)

View Item View Item