Upaya Meningkatkan Ketahanan dan Pemulihan Tanaman Padi terhadap Cekaman Terendam melalui Perlakuan Agronomis pada Lahan Lebak Tengahan

Gribaldi, Gribaldi and Suwignyo, Rujito Agus and Hasmeda, Mery and Hayati, Renih Upaya Meningkatkan Ketahanan dan Pemulihan Tanaman Padi terhadap Cekaman Terendam melalui Perlakuan Agronomis pada Lahan Lebak Tengahan. In: Seminar Nasional Kemandirian Pangan ?Meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk pertanian berbasis sumberdaya lokal., Bandung.

[thumbnail of makalah_gribaldi_sem_unpad.pdf] Text
makalah_gribaldi_sem_unpad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan iklim global merupakan fenomena faktual yang memberikan pengaruh terhadap sistem pertanian. Pada daerah-daerah yang muka air tanahnya sangat dipengaruhi oleh fluktuasi muka air sungai dan pasang surut air laut, yaitu daerah rawa lebak dan daerah pasang surut, sistem budidaya padi akan sangat terpengaruh. Banjir menjadi fenomena hampir di seluruh daerah di Indonesia. Pada daerah rawa lebak, dapat menghambat pertanaman padi. Tanaman padi yang terendam mengakibatkan fotosintesisnya terhambat dan stress setelah mengalami kondisi terendam, diperlukan upaya untuk meningkatkan ketahanan dan pemulihannya agar oenurunan hasil gabah akibat cekaman terendam dapat diminimalkan. Penelitian ini menggunakan rancangan petak terbagi, dengan petak utama : Perlakuan pemupukan, P1= pupuk dasar (N,P,K berturut-turut 45, 46, 48 kg ha-1), P2 = pemupukan sebelum terendam (pupuk dasar + Si, Zn berturut-turut 40 dan 20 kg ha-1, separuh N diberikan pada saat tanam dan sisa N pada saat 35 hst), P3 = perlakuan setelah terendam (pupuk N, P, K diberikan pada umur 21 hst berturut-turut 50, 30, 30 kg ha-1 ditambah PPC mikro 2 ml/l air yang diberikan setiap minggu dari umur 21 hst sampai dengan 49 hst), P4 = pemupukan sebelum dan setelah terendam. Anak petak adalah Varietas padi, V1= Inpara 3, V2 = Inpara 5, V3 = IR 64, V4 = Ciherang. Pemberian perlakuan pemupukan sebelum dan atau setelah terendam pada beberapa varietas dapat meningkatkan ketahanan dan pemulihan tanaman padi terhadap cekaman terendam. Varietas Inpara 5 yang diberi perlakuan pemupukan sebelum dan setelah terendam mampu meminimalkan penurunan hasil gabah sam;pai sebesar 65,1 % dan menghasilkan gabah kering giling tertinggi yaitu 3,43 ton ha-1 pada lahan rawa lebak tengahan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54204-Agronomy (Agricultural Sciences) (S1)
Depositing User: Dr. Rujito Agus Suwignyo
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:10
Last Modified: 10 Oct 2019 06:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item