PERSEPSI PETANI TERHADAP ASURANSI PERTANIAN SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN RISIKO GAGAL PANEN DI LAHAN SAWAH (Studi Kasus Petani Padi Di Kabupaten OKI Sumatera Selatan)

Putri, Nurilla Elysa and Yamin, Muhammad and Anggraini, Erise and Hayati, Ari (2019) PERSEPSI PETANI TERHADAP ASURANSI PERTANIAN SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN RISIKO GAGAL PANEN DI LAHAN SAWAH (Studi Kasus Petani Padi Di Kabupaten OKI Sumatera Selatan). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 3 (3). pp. 459-469. ISSN 2614-4670 (p), ISSN: 2598-8174 (e)

[thumbnail of artikel di jurnal JEPA.pdf] Text
artikel di jurnal JEPA.pdf - Published Version

Download (212kB)

Abstract

Asuransi pertanian merupakan salah satu solusi bagi petani untuk meminimalkan risiko akibat gagal panen. Kondisi perubahan iklim khususnya banjir yang terjadi di lahan sawah ini tentunya memerlukan upaya dalam meminimalkan resiko gagal panen bagi petani, salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah memberikan asuransi pertanian bagi petani. Di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) program asuransi pertanian ini sudah dijalankan. Oleh karena itu diperlukan penelitian atau kajian tentang persepsi petani terhadap asuransi pertanian sebagaiupaya meminimalkan resiko gagal panen, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengukur persepsi petani terhadap asuransi pertanian sebagai upaya meminimalkan resiko gagal panen dilahan sawah. Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan asuransi serta merumuskan rekomendasi pengembangan asuransi pertanian yang dapat dilakukan. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa Persepsi Petani terhadap asuransi Pertanian secara umum sangat baik. Indikator yang masih perlu diperbaiki adalah sosialisasi asuransi pertanian yang baru dilakukan satu kali serta perbaikan pada jumlah klaim asuransi yang diajukan petani baik dari lamanya waktu pembayaran maupun dalam jumlah klaim yang dibayarkan. Rekomendasi pengembangan program yang diprioritaskan agar asuransi pertanian dapat berkelanjutan adalah kegiatan sosialisasi secara berkala dari pihak perusahaan penyedian asuransi pertanian, pemilahan tingkat premi dan klaim berdasarkan tipologi lahan, peninjauan langsung oleh pihak asuransi saat ada klaim yang diajukan petani sehingga lebih objektif.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 41201-Agricultural Engineering (S1)
Depositing User: Ari Hayati
Date Deposited: 26 May 2023 05:56
Last Modified: 26 May 2023 05:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/105132

Actions (login required)

View Item View Item