HARDIYANTI, HARDIYANTI and Yusup, Muhammad (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081381924054.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (673kB) |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (266kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (118kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (46kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (58kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381924054_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi dengan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang yang berjumlah 6 orang. Ada 3 kali pertemuan dalam penelitian ini, dua kali pertemuan pembelajaran menggunakan model problem based learning dan satu kali pertemuan untuk tes tertulis. Teknik pengumpulan data tes tertulis memiliki 2 soal dan wawancara semi terstruktur yang mengarah pada indikator kemampuan komunikasi matematis tertulis. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap analisis data. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis data tes tertulis, analisis data wawancara, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tertulis yang telah dilakukan dari 24 peserta didik yang diteliti, diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 6 yang berada pada kategori sedang. Jumlah peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis kategori tinggi ada 4 dengan persentase 16,7%, kategori sedang ada 16 dengan persentase 66,6%, dan kategori rendah ada 4 peserta didik dengan persentase 16,7%. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis, Relasi dan Fungsi, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis, Relasi dan Fungsi, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Hardiyanti Hardiyanti |
Date Deposited: | 29 May 2023 02:24 |
Last Modified: | 29 May 2023 02:24 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/105612 |
Actions (login required)
View Item |