LAPORAN PENELITIAN_FAKTOR KORELATIF DAN KEBIJAKAN PENANGGULANGAN TINDAK KEJAHATAN TERHADAP NYAWA (PEMBUNUHAN) DI SUMATERA SELATAN

Alfatih, Andy (2022) LAPORAN PENELITIAN_FAKTOR KORELATIF DAN KEBIJAKAN PENANGGULANGAN TINDAK KEJAHATAN TERHADAP NYAWA (PEMBUNUHAN) DI SUMATERA SELATAN. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PEMBERDAYAAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Unpublished)

[thumbnail of KONTRAK PENELITIAN SKEMA UNGGULAN KOMPETITIF 2022.pdf] Text
KONTRAK PENELITIAN SKEMA UNGGULAN KOMPETITIF 2022.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of sk_pemenang_penelitian_kompetitif_2022.pdf] Text
sk_pemenang_penelitian_kompetitif_2022.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of laporan penelitian 2022 (4).pdf] Text
laporan penelitian 2022 (4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Data spesifik terkait kejahatan terhadap nyawa di Sumatera Selatan, menunjukkan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir (tahun 2017 sampai 2019), angka kejahatan ini merupakan yang tertinggi di Indonesia (BPS, 2018, 2019, 2020). Meskipun, di tahun 2016 dan 2021, angka kejahatan terhadap nyawa di Sumatera Selatan sedikit lebih rendah dibandingkan Provinsi Sumatera Utara, sehingga Sumsel berada di peringkat kedua untuk kasus ini. Akan tetapi, fenomena ini tidak bias diabaikan begitu saja, melainkan perlu mendapatkan perhatian khusus untuk ditemu kenali dan dicarikan solusinya. Oleh karena itu, studi ini secara spesifik memfokuskan pada salah satu jenis kejahatan, yaitu kejahatan terhadap nyawa (pembunuhan). Adapun, pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan yaitu: 1). Faktor korelatif apa saja yang terkait dengan tingginya angka kejahatan terhadap nyawa di Sumatera Selatan ? 2). Bagaimana kebijakan penanggulangan kejahatan terhadap nyawa yang telah dilakukan selama ini ? 3). Kebijakan kejahatan yang bagaimana yang sebaiknya dilakukan oleh pihak terkait, untuk meminimalisir tindak kejahatan terhadap nyawa tersebut ?. Guna menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi. Sementara analisis dilakukan secara berjenjang, dimulai sejak penulisan proposal, pengumpulan data, hingga merumuskan kesimpulan. Penelitian ini menargetkan Jurnal internasional bereputasi, Kasetsart Journal of Social Sciences (Scopus Q2) sebagai luaran penelitian. Sejalan dengan tujuan penelitian, maka Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) dari penelitian ini masuk ke dalam level TKT 3 yaitu : pembuktian konsep fungsi dan/atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental, pada factor korelatif dan kebijakan penangulangan tindak kejahatan terhadap nyawa (pembunuhan) di Sumatera Selatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63002-Public Administration (S3)
Depositing User: Andy Alfatih
Date Deposited: 31 May 2023 12:37
Last Modified: 03 Jun 2023 12:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/105661

Actions (login required)

View Item View Item