LAPORAN PENELITIAN_DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIRIAN BUMDes (Studi Di Beberapa BUMDes Di Kabupaten Musi Rawas, Sumsel)

Alfatih, Andy (2020) LAPORAN PENELITIAN_DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIRIAN BUMDes (Studi Di Beberapa BUMDes Di Kabupaten Musi Rawas, Sumsel). Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Unpublished)

[thumbnail of sk_pemenang_penelitian_kompetitif_2020.pdf] Text
sk_pemenang_penelitian_kompetitif_2020.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Laporan Akhir Kompetitif_Andy_FISIP_2020 (6).pdf] Text
Laporan Akhir Kompetitif_Andy_FISIP_2020 (6).pdf

Download (1MB)

Abstract

Setelah melakukan kajian terkait implementasi pendirian BUMDes di Kabupaten Musi Rawas Tahun 2019, di tahun 2020 kajian ini memasuki fase untuk meneliti dampak pendirian BUMDes bagi masyarakat sekitarnya. Kajian terkait dampak keberadaan BUMDes ini pada akhirnya ditujukan untuk mendapatkan hasil evaluasi terhadap keberhasilan dan kegagalan dalam pendirian BUMDes, guna mendapatkan model alternatif bagi implementasi pendirian BUMDes selanjutnya, sejalan dengan peta jalan penelitian yang telah disusun. Sejalan dengan tujuan tersebut maka kajian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua BUMDes yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Berdasarkan data dari Sekretariat P3MD (Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa), per September 2019, terdapat lebih kurang 183 unit usaha BUMDes. Sampel dalam penelitian diambil 10 persen dari total populasi tersebut. Adapun, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sementara, teknik análisis data yang digunakan, yaitu teknik statistik deskriptif dan eksplanatif. Luaran dari kajian ini nantinya akan dipublikasikan ke jurnal internasional bereputasi, salah satunya pada Scopus Indexed Journal, yaitu jurnal Opcion (Q3). Sejalan dengan tujuan penelitian, maka Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) dari penelitian ini masuk ke dalam kategori validasi komponen/subsistem dalam suatu lingkungan yang relevan, yaitu pada dampak implementasi kebijakan BUMDes di Kabupaten Musi Rawas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63002-Public Administration (S3)
Depositing User: Andy Alfatih
Date Deposited: 31 May 2023 12:32
Last Modified: 03 Jun 2023 12:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/105667

Actions (login required)

View Item View Item