Pertumbuhan dan Hasil Kedelai Pada Berbagai Takaran Pupuk Cair dan Pengolahan Tanah Sebagai Tanaman Sela, Serta Pengaruh Terhadap Tanaman Karet yang Belum Menghasilkan

Wiralaga, Ratna A. and Wijaya, Edwin and Kurnianingsih, Astuti (2011) Pertumbuhan dan Hasil Kedelai Pada Berbagai Takaran Pupuk Cair dan Pengolahan Tanah Sebagai Tanaman Sela, Serta Pengaruh Terhadap Tanaman Karet yang Belum Menghasilkan. Working Paper. Research grant Kegiatan I-Mhere Bacth IV Universitas Sriwijaya, Indralaya.

[thumbnail of Halaman_Judul_5.pdf]
Preview
Text
Halaman_Judul_5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Isi_7.pdf]
Preview
Text
Isi_7.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan dan hasil kedelai pada berbagai takaran pupuk cair dan pengolahan tanah sebagai tanaman sela, serta pengaruh terhadap tanaman karet yang belum menghasilkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil kedelai dan pergeseran gulma di pertanaman kedelai sebagai tanaman sela pada pemberian pupuk cair dan pengolahan tanah terhadap pertumbuhan karet. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan November 2011 sampai maret 2012 di kebun percontohan PT. PUSRI, Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah takaran pupuk cair (P) terdiri dari tiga tara, yaitu perlakuan P0 (0%), P1 (50%), P2 (100%). Faktor kedua adalah perlakuan pengolahan tanah(T) terdiri dari 4 taraf yaitu T1 (pengolahan tanah sempurna), T2 (pengolahan tanah sedehana), T3 (tanpa pengolahan tanah), T4 (pemberian herbisida purna tumbuh tanpa pengolahan tanah). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi kedua faktor perlakuan berbeda nyata terhadap peubah hasil biji kedelai per petak dan per ha serta berat kering gulma saat panen dan berbeda sangat nyata terhadap bobot 100 butir biji. Perlakuan takaran pupuk cair menunjukan perbedaan yang sangat nyata terhadap jumlah buku subur, jumlah polong pertanaman, jumlah polong isi pertanaman, jumlah dan berat biji pertanaman, berat 100 butir biji, hasil biji per petak dan per ha. Pengolahan tanah menunjukan perbedaan yang nyata terhadap peubah beart kering gulma 21 HST dan berbeda sangat nyata terhadap jumlah polong isi per tanaman, jumlah dan berat biji pertanaman, bobot 100 butir biji, hasil biji per petak dan per ha.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54204-Agronomy (Agricultural Sciences) (S1)
Depositing User: Nukmal Hakim
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:38
Last Modified: 11 Oct 2019 07:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item