PUTRI, NAWANG JULIA and Yosef, Yosef (2023) PENGARUH PEMANFAATAN KASUS DALAM LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP EFIKASI DIRI KESADARAN BUDAYA MULTIKULTURAL SISWA DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86201_06071281924021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (40kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (104kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06071281924021_0023036204_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Efikasi diri kesadaran budaya multikultural adalah keyakinan bahwa seseorang bisa menguasai situasi, memproduksi hasil positif, dan berhasil dalam mengkaji dan menilai pentingnya keragaman budaya dan etnis di dalam lingkungan sekitarnya. Pemberian layanan berbasis kasus bertujuan untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa jika dihadapkan pada suatu permasalahan. Kasus yang disajikan berisi tentang kesadaran budaya multikultural untuk melihat pandangan siswa terkait permasalahan-permasalahan menyangkut kesadaran budaya. Penelitian ini membahas pengaruh pemanfaat kasus terhadap efikasi diri kesadaran budaya multikultural siswa di SMA Negeri 13 Palembang, dengan menggunakan pendekatan kuantitaif jenis pre-eskperimen. Metode analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh keduanya ialah metode analisis Paired Sample T Test dengan menggunakan SPSS 27 for Windows Release. Dilihat dari hasil penelitian di SMA Negeri 13 Palembang, secara keseluruhan menunjukkan terdapat 6 siswa (20,6%) memiliki tingkat efikasi diri tinggi, 21 siswa (61,8) memiliki tingkat efikasi diri sedang dan 7 siswa (17,6%) memiliki tingkat efikasi diri rendah. Berdasarkan hasil Paired Sample T Test p (sig.)=0,001 maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) menyatakan terdapat pengaruh pemanfaatan kasus terhadap efikasi diri kesadaran budaya multikultural siswa kelas XI di SMA Negeri 13 Palembang diterima pada taraf signifikasi 5%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan kasus terhadap efikasi diri kesadaran budaya siswa di SMA Negeri 13 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri Kesadaran Budaya Multikural. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Nawang Julia Putri |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:12 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/105862 |
Actions (login required)
View Item |