Hartono, Hartono (2023) Masa Depan Gemilang Pendidikan Bangsa. Sumatera Ekspres.id, 2 Juni.
Text (Artikel pada Koran Elektronik)
index.html - Published Version Download (170kB) |
Abstract
MASA DEPAN GEMILANG PENDIDIKAN BANGSA Bangsa yang maju sudah pasti Pendidikannya juga maju. Visi Pendidikan Indonesia menentukan masa depan bangsa. Cetak biru visi Pendidikan Indonesia (2020-2024) sudah ditetapkan dan memerlukan sosialisasi, implementasi dan evaluasi. Ada harapan besar Pendidikan di Indonesia akan lebih maju sejalan dengan kemajuan pembangunan Indonesia di bidang Pendidikan dengan Visi pelajar Indonesia memiliki Profil Pelajar Pancasila yang diusung dengan Kurikulum Merdeka (KM) di sekolah dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. Pada saat ini aktivitas belajar di Perguruan Tinggi harus berorientasi pada aktivitas terkini yang dilakukan oleh dunia kerja. Kurikulum di perguruan tinggi harus mengakomodir mahasiswa pada kegiatan di duinia kerja melalui pemagangan, kerja praktik, praktek industri dan lainnya yang dilakukan secara bertahap pada berbagai episode. Kurikulum MBKM menjembati antara dunia Pendidikan dan dunia kerja sehingga apa yang disiapkan di dunia Pendidikan relevan denga apa yang dibutuhkan di dunia kerja. Sekarang ini, seyogianya dunia kerja juga harus memperhatikan dunia Pendidikan secara timbal balik. Banyak industri membutuhkan kompetensi/pekerjaan baru yang ada di dunia kerja dan belum dihasilkan kompetensi/pekerjaan tersebut di dunia Pendidikan sehingga formasi pekerjaan di dunia kerja belum dapat terisi secara optimal. Pekerjaan-pekerjaan baru tersebut tentu terkait dengan perubahan teknologi yang begitu cepat. Sejalan dengan Revolusi Indsntri 4.0 dan Society 5.0. Sumbangan dunia industri terhadap sektor pendidikan akan dapat menyediakan tenaga kerja skill yang dikehendaki oleh dunia industri. Kurikulum pesanan (customise), penyediaan beasiswa, workshop, dan training kepada pelajar/mahasiswa sebagai wujud tanggungjawab dunia industri kepada dunia Pendidikan yang akan membuahkan hasil tenaga kerja terampil sesuai harapan dunia industri saat ini. Peran serta dunia industri secara nyata dalam pendidikan akan dapat mengubah masa depan gemilang Pendidikan di tanah air. Simbiosis mutualisme ini perlu terus diinisiasi dan dipelihara oleh pemerintah agar terus terjadi keseimbangan. “Penulis: Hartono (Dekan FKIP Universitas Sriwijaya)”
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Dr, M.A. Hartono Hartono |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 10:12 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 10:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/107215 |
Actions (login required)
View Item |