Alat Pendeteksi Asam Lemak yang Menggunakan Enzim Lypooxygenase Berasal dari Ekstrak Kacang Kedelai sebagai Bahan Aktif. Sertifikat HAKI

Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Universitas Sriwijaya (2021) Alat Pendeteksi Asam Lemak yang Menggunakan Enzim Lypooxygenase Berasal dari Ekstrak Kacang Kedelai sebagai Bahan Aktif. Sertifikat HAKI. IDP000079804.

[thumbnail of Sertifikat HAKI] Text (Sertifikat HAKI)
SERTIFIKAT PATEN SENSOR ASAM LEMAK NIRWAN 2021.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Invensi ini berhubungan dengan alat pendeteksi (sensor) asam lemak yang menggunakan enzim lypooxygenase berasal dari ekstrak kacang kedelai sebagai bahan aktif yang memiliki akurasi tinggi dan sensitive terhadap asam lemak. Alat sensor asam lemak yang disediakan terbuat dari enzim lypooxygenase berasal dari ekstrak kacang kedelai sebagai bahan aktif, yang terdiri dari: rumahan berupa kotak yang berfungsi tempat untuk menempatkan elektroda pencacah, elektroda acuan dan elektroda kerja; elektroda pencacah berupa lempeng logam platina, emas atau paduannya berfungsi untuk mengetahui voltase yang terjadi pada sensor; elektroda acuan yang terletak diantara elektroda pencacah dan elektroda kerja berupa perak berselaput perak klorida (Ag/AgCl) berfungsi sebagai titik acuan dari pembacaan voltase; dan elektroda kerja berupa logam tembaga yang dilapisi oleh enzim lypooxygenase berfungsi sebagai penyedia tegangan pada sensor untuk mengetahui kadar asam lemak, dimana ketiga elektroda tersebut disusun sejajar yang terisolasi satu sama lain dan terdapat bagian yang tidak terisolasi sebagai tempat kontak dengan cairan yang akan ditentukan asam lemaknya.

Item Type: Patent
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD450-801 Physical and theoretical chemistry
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 47201-Chemistry (S1)
Depositing User: Dr Nirwan Syarif
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:34
Last Modified: 09 Jun 2023 02:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/107594

Actions (login required)

View Item View Item