Dampak Masuknya Hindu Budha Terhadap Pendidikan di Indonesia (SIMILARITY)

Muharani, Ade and Hudaidah, Hudaidah (2023) Dampak Masuknya Hindu Budha Terhadap Pendidikan di Indonesia (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Dampak Masuknya Hindu Budha Terhadap Pendidikan di Indonesia (SIMILARITY)] Text (Dampak Masuknya Hindu Budha Terhadap Pendidikan di Indonesia (SIMILARITY))
Dampak Masuknya Hindu Budha Terhadap Pendidikan di Indonesia.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Aspek pendidikan merupakan aspek paling penting yang tidak dapat dipisahkan dengan kelangsungan hidup bangsa Indonesia sendiri, dengan munculnya Sriwijaya dan Majapahit sebagai kerajaan nusantara pada masanya meninggalkan berbagai karya agung yang masih dapat kita temukan hingga sekarang tidak terlepas dari pengaruh pendidikan pada masa itu. Dengan adanya tulisan ini penulis bertujuan untuk menguraikan dampak masuknya Hindu Budha terhadap pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka dengan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu mengumpulkan dan menganalisis berbagai buku, jurnal, makalah dan lainnya yang terkait dengan materi pembahasan. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta kejadian yang ditulis dalam pernyataan-pernyataan yang berasal dari sumber data yang diteliti. Adapun hasil penelitian ini adalah perubahan dan dampak yang terjadi setelah masuknya Hindu Budha di Indonesia terutama yang mempengaruhi pendidikan Indonesia pada masa itu. Perubahan yang terjadi dimulai dari perubahan sistem, sifat-sifat, jenis dan lembaga pendidikan pada masa Hindu Budha di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak perubahan yang terjadi pada masa Hindu Budha terutama pada pendidikan pada masa itu dengan berbagai peninggalan sebagai bukti terlaksananya pendidikan di Indonesia.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 10 Jun 2023 09:32
Last Modified: 10 Jun 2023 09:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/107970

Actions (login required)

View Item View Item