PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TERHADAP CAMPURAN POROUS ASPHALT (AC 60/70) DENGAN MENGGUNAKAN SERBUK KARET BAN LUAR 12% DAN 15%

YASIR, MUHAMMAD and Oemar S., Bakrie (2005) PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TERHADAP CAMPURAN POROUS ASPHALT (AC 60/70) DENGAN MENGGUNAKAN SERBUK KARET BAN LUAR 12% DAN 15%. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03003110073.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_02.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_03.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_04.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_05.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (835kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03003110073_9900983165_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03003110073_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (44MB) | Request a copy

Abstract

Kadar aspal Optimum Suatu Campuran aspal pada perkerasan jalan tergantung oleh rongga udara dalam campuran (VIM), stabilitas dan berat isi. Faktor dari Kadar aspal optimu ditambah dengan rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara dalam campuran (VIM) dan gradasi agregat memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air d i permukaan perkerasan tidak mampu masuk kedalam konstruksi badan jalan di bawahnya. Namun kekedapan terhadap air tersebut justru yang menjadi masalah dari perkerasan jalan itu sendiri karena kekedapan lapisan akan menyebabkan terjadinya limpasan air yang dapat mengurangi kekesatan permukaan sehingga dapat menimbulkan kecelakaan pemakai jalan sebagai pemecahannya, dibuat alternatif baru agar air tidak terlalu lama menggenangi badan jalan, yaitu dengan membuat lapisan lentur perkerasan bergradasi terbuka yang di Indonesia dikenal dengan nama drainseal atau sering disebut dengan Porous Asphalt Wearing Course (PAWC). Kemampuan Porous Asphalt yang mengungguli jenis aspal biasa adalah dari ukuran rongga (voids) lebih besar, kemampuan lolos air dan peredam bunyi akibat ban kendaraan yang sangat baik, memiliki stabilitas dinamis, Resilent Modulus (MR) dan kekesatan (skid resintance) yang lebih kecil serta perkerasannya lebih lentur. Adapun altemative pengganti sebagian aspal yang dicoba digunakan sebagai campuran Porous Asphalt adalah serbuk karet ban luar campuran ini disebut di daerah Amerika Rubber Asphalt Kadar rongga Setelah dilakukan pengujian campuran berupa Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test, diketahui bahwa campuran Porous Asphalt dengan menggunakan serbuk karet karet ban luar 12% dan 15% memiliki nilai stabilitas 622.87 kg dan 644.37 kg dengan kadar aspal optimum 4,5% yang tidak begitu berbeda dibandingkan dengan campuran aspal porous norma dengan stabilitas 668.5 kg dan kadar aspal optimum 5%. Hasil Cantabro Sacttering Loss Test membuktikan bahwa pemakaian serbuk karet ban luar 12% dan 15% ternyata mampu menekan nilai abrasi yang terdapat pada kadar aspal optimum menjadi lebih kecil dibandingkan dengan campuran tanpa menggunakan serbuk karet ban luar bekas dari 19.002% menjadi 10.297% untuk serbuk 12% dan 5.41%.untuk serbuk 15% Hal ini menunjukkan penggantian sebagian aspal dengan serbuk karet ban luar dapat dilakukan dan telah memenuhi spesifikasi yang telah dianjurkan oleh Taiyu Kensetsu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Porous Asphalt, kadar aspal
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH1-9745 Building construction
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:34
Last Modified: 08 Jun 2023 04:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/107994

Actions (login required)

View Item View Item