Etos Ilmiah Islam Di Palembang Abad Ke 18-19 Masehi (SIMILARITY)

Hudaidah, Hudaidah and Hakim, Lukmanul (2023) Etos Ilmiah Islam Di Palembang Abad Ke 18-19 Masehi (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Etos Ilmiah Islam Di Palembang Abad Ke 18-19 Masehi (SIMILARITY)] Text (Etos Ilmiah Islam Di Palembang Abad Ke 18-19 Masehi (SIMILARITY))
Etos Ilmiah Islam Di Palembang Abad Ke 18-19 Masehi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan Islam yang massif di Palembang pada abad ke-17 Masehi, berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan Islam sebagai akibat dari etos ilmiah yang dimiliki umat Islam. Tujuan tulisan ini adalah mencari tahu tentang konsep ilmu dalam Islam dan perkembangan etos ilmiah Islam di Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber tertulis, data dianalis dengan Model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil akhir dapat dikemukan bahwa Islam telah memberikan ruang yang sangat baik tentang konsepsi membaca dan menulis dalam Al-Qur’an sebagai cikal bakal pengembangan ilmu. Seiring masuknya Islam di Palembang, kehidupan ilmiahpun menandai dunia Islam Melayu Palembang dengan membuminya kebiasaan menulis dikalangan umat muslim dengan menggunakan hurup Arab berbahasa Melayu dalam menulis kitab-kitab keagamaan. Hal ini menunjukkan etos ilmiah Islam di Palembang tumbuh subur karena keimanan masyarakatnya.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 10 Jun 2023 09:57
Last Modified: 10 Jun 2023 09:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108007

Actions (login required)

View Item View Item