Pola Hunian Manusia Prasejarah di Goa PutriPadang Bindu,Kabupaten Ogan Komering Ulu (SIMILARITY)

Hudaidah, Hudaidah (2023) Pola Hunian Manusia Prasejarah di Goa PutriPadang Bindu,Kabupaten Ogan Komering Ulu (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of Pola Hunian Manusia Prasejarah di Goa PutriPadang Bindu,Kabupaten Ogan Komering Ulu  (SIMILARITY)] Text (Pola Hunian Manusia Prasejarah di Goa PutriPadang Bindu,Kabupaten Ogan Komering Ulu (SIMILARITY))
Pola Hunian Manusia Prasejarah di Goa PutriPadang Bindu,Kabupaten Ogan Komering Ulu.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengungkap pola hunian manusia prasejarah di Goa Putri, Padang Bindu, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian campuran dengan menggabungkan metode arkeologi dan metode sejarah. Adapun metode langkan arkeologi yang dilakukan yaitu observasi, deskriptif, dan analisis kontekstual , sedangkan langkah-langkah metodologi sejarah yang digunakan yaitu kritik sumber, eksplanasi, dan historiografi. Goa Putri sangat luas dengan kondisi bertingkat-tingkat layaknya sebuah rumah besar dengan berbagai ruang di dalamnya. Temuan arkeologi berupa alat serpih, cangkang moluska, tulang primata, kapak perimbas, dan tembikar serta alat untuk membuat tembikar menunjukkan bahwa manusia prasejarah telah tinggal di goa ini sejak zaman paleolitikum hingga zaman neolitikum. Goa Putri dan lingkungannya memang cocok sebagai tempat hunian karena ruangnya tertutup dan dalam, tetapi terdapat fasilitas pendukung seperti celah-celah cahaya sebagai penerang, dan sumber air dari Sungai Simuhun yang mengalir di dalam goa.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:43
Last Modified: 09 Jun 2023 01:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108036

Actions (login required)

View Item View Item