Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda (SIMILARITY)

Riska, Riska and Hudaidah, Hudaidah (2023) Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda  (SIMILARITY)] Text (Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda (SIMILARITY))
Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Artikel ini membahas tentang sejarah sistem pendidikan di Indonesia pada masa Portugis dan Belanda, yakni pada abad 16-20. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang latar belakang terbentuknya pendidikan di Indonesia serta menguraikan tentang bagaimana sistem pendidikan di Indonesia pada abad 16-20. Dalam penelitian ini digunakan metode sejarah, yaitu metode yang terdiri dari proses tahapan heuristik, kritik ,interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian yang didapat adalah terjalinnya hubungan antara bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa yang disebabkan oleh kemajuan zaman menimbulkan dampak yang luas dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Pada tahun 1536, untuk pertama kalinya sistem pendidikan berbentuk sekolah didirikan di Indonesia tepatnya di Maluku oleh penguasa Portugis, yakni Antonio Galvano. Setelah berakhirnya masa pemerintahan Portugis, datanglah masa pemerintahan baru, yaitu pemerintahan Belanda. Pada saat itu, Belanda mendirikan sistem kongsi dagang yang biasa kita kenal dengan sebutan VOC. VOC memiliki tanggung jawab untuk memajukan agama. Untuk menunjang keberhasilan dalam menyebarkan agamanya, VOC mulai mendirikan sekolah-sekolah di Indonesia. Kata Kunci: sistem, pendidikan, portugis, belanda.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:43
Last Modified: 09 Jun 2023 01:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108057

Actions (login required)

View Item View Item