Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional (Similarity)

Rahmah, Annisa Auliya and Hudaidah, Hudaidah (2023) Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional (SIMILARITY)] Text (Ideologi Ki Hajar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Nasional (SIMILARITY))
Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional.pdf - Published Version

Download (711kB)

Abstract

Pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara telah menjadi citra tersendiri dalam sejarah pendidikan di Indonesia. Ide ini memungkinkan guru dan siswa belajar dengan bebas saat menentukan sistem pembelajaran. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk menciptakan pendidikan yang menarik bagi siswa dan guru, karena selama ini pendidikan Indonesia lebih menekankan pada pengetahuan daripada keterampilan. Artikel ini ditulis dengan metode studi literatur yang merupakan suatu metode, pertama mencari sumber bacaan yang relevan, kemudian mengumpulkan informasi dan disusun menggunakan pernyataan deskriptif. Perlu kita ketahui bahwa Ki Hajar Dewantara meyakini bahwa pendidikan adalah motor penggerak perkembangan siswa, pendidikan itu mengajrakan peserta didik untuk mencapai perubahan dan manfaat bagi lingkungan sekitar. Kebebasan belajar merupakan salah satu bentuk realisasi nilai pembentukan karakter bangsa diawlai dengan pembenahan sistem dan metode pendidikan belajar.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 10 Jun 2023 09:47
Last Modified: 10 Jun 2023 09:47
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108078

Actions (login required)

View Item View Item