UPAYA PELESTARIAN KA GA NGA AKSARA LOKAL SUKU REJANG DI KABUPATEN REJANG LEBONG (SIMILARITY)

Hudaidah, Hudaidah and Rizki, Tedi (2023) UPAYA PELESTARIAN KA GA NGA AKSARA LOKAL SUKU REJANG DI KABUPATEN REJANG LEBONG (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of UPAYA PELESTARIAN KA GA NGA AKSARA LOKAL SUKU REJANG DI KABUPATEN REJANG LEBONG (SIMILARITY)] Text (UPAYA PELESTARIAN KA GA NGA AKSARA LOKAL SUKU REJANG DI KABUPATEN REJANG LEBONG (SIMILARITY))
UPAYA PELESTARIAN KA GA NGA AKSARA LOKAL SUKU REJANG DI KABUPATEN REJANG LEBONG.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini mengkaji aksara lokal Ka Ga Nga dan upaya pelestariannya pada Suku Rejang Di Kabupaten Rejang Lebong. Adapun permasalahan yang akan diangkat yaitu bagaimana perkembangan aksara Ka Ga Nga dan bagaimana upaya pelestariannya. Adapun tujuan kajian untuk mendeskripsikan perkembangan aksara Ka Ga Nga dan upaya pelestariannya. Dalam melakukan kajian digunakan metode penelitian sejarah atau historis dengan pendekatan antropologis dan sosiologis, tempat penelitian dilakukan di Rejang Lebong provinsi Bengkulu. Hasil yang diperoleh bahwa aksara Ka Ga Nga diperkirakan berkembang pesat di Sumatera bagian Selatan pada abad ke- 16 hingga abad ke- 17 Masehi sebagai dari perkembangan dari aksara pallawa dan kawi. Aksara Ka Ga Nga sendiri banyak berkembang di wilayah Sumatera dan Sulawesi. Hal ini menandakan bahwa aksara Ka Ga Nga berkerabat dengan aksara di tanah Bugis. Namun dengan seiringnya waktu serta adanya penyatuan bahasa kesatuan tanah air aksara Ka Ga Nga sendiri mengalami penurunan penyebaran di kalangan masyarakat Rejang Lebong sehingga pemerintah serta badan adat setempat terus berupaya tetap melestarikan aksara Ka Ga Nga. Badan Musyawarah Adat melakukan upaya-upaya mengembalikan warisan budaya Suku Rejang Lebong khususnya aksara Ka Ga Nga agar tidak hilang di masa depan dengan melakukan berbagai upaya-upaya prepentif.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 10 Jun 2023 09:48
Last Modified: 10 Jun 2023 09:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108168

Actions (login required)

View Item View Item