PEMIKIRAN R.A. KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA (SIMILARITY)

Suryani, Nur Atun and Hudaidah, Hudaidah (2023) PEMIKIRAN R.A. KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of PEMIKIRAN R.A. KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA (SIMILARITY)] Text (PEMIKIRAN R.A. KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA (SIMILARITY))
PEMIKIRAN R.A. KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

R.A. Kartini adalah salah satu wanita hebat yang berjuang demi Indonesia. Beliau merupakan inspirator bagi suluruh kaum wanita. Perjuangan R.A. Kartini dalam pendidikan begitu erat kaitannya dengan emansipasi wanita. Perjuangan R.A. Kartini dalam dunia pendidikan sangatlah keras. Ia meyakini, bahwa dengan hanya dengan pendidikanlah derajat kaum wanita bisa diangkat dan menyadarkan masyarakat pentingnya peran wanita dalam peradaban bangsa Indonesia. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah peran seorang R.A. Kartini dalam pendidikan untuk kaum wanita. Jika dulu wanita selalu dianggap sebagai orang yang hanya bisa bekerja di dapur, tapi semenjak R.A. Kartini memperjuangkan pendidikan untuk kaum wanita, semuanya berubah. Wanita tidak hanya bisa bekerja di dapur, tapi wanita juga punya peran penting dalam peradaban Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian histori dan biografi berdasarkan fakta dalam sejarah. Semua yang tertulis disini adalah hasil dari analisis beberapa sumber yang teoritis dan kritis dari jurnal atau web yang menceritakan tentang perjuangan R.A. Kartini dalam pendidikan kaum wanita dan pendidikan islam di Indonesia. Dengan kegigihan dan sikap pantang menyerah inilah yang membuat perjuangan R.A. Kartini sampai detik ini mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang kuat.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 10 Jun 2023 10:00
Last Modified: 10 Jun 2023 10:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108173

Actions (login required)

View Item View Item