Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H.Ahmad Dahlan (SIMILARITY)

Amelia, Tasya Faricha and Hudaidah, Hudaidah (2023) Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H.Ahmad Dahlan (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan (SIMILARITY)] Text (Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan (SIMILARITY))
Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pembaharuan pendidikan di Indonesia tidak lepas dari sosok K. H. Ahmad Dahlan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang pendidikan berdasarkan pemikiran K. H. Ahmad Dahlan dan mengkaji korelasi tokoh K. H. Ahmad Dahlan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode historis, yaitu dengan mengumpulkan sumber data dari jurnal - jurnal terpercaya di internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K. H. Ahmad Dahlan telah berhasil mengubah tatanan pendidikan dengan menggunakan pemikirannya sendiri terhadap pendidikan. Menurut K. H. Ahmad Dahlan, tujuan pendidikan yang sempurna ialah untuk melahirkan individu yang utuh menguasai ilmu umum dan ilmu agama, material dan spiritual, serta dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan tersebut, K. H. Ahmad Dahlan memiliki gagasan untuk mendirikan sekolah agar para pribumi dapat bersekolah. Pada 1 Desember 1911, Sekolah pertama K. H. Ahmad Dahlan adalah Madrasah Ibtidaiyah Diniyah . Dari sekolah tersebut, akhirnya K. H. Ahmad Dahlan membentuk organisasi yang disebut Muhammadiyah pada 1912. Dilanjutkan pada 1917 dibentuk juga organisasi khusus perempuan yang bernama Aisyiyah. Muhammadiyah dan Aisyiyah telah menjadi pembaharuan dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tersebarluasnya sekolah – sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah di seluruh indonesia.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:20
Last Modified: 12 Jun 2023 02:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108194

Actions (login required)

View Item View Item