Histor Cal Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah (SIMILARITY)

Hudaidah, Hudaidah (2023) Histor Cal Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Histor Cal Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah (SIMILARITY)] Text (Histor Cal Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah (SIMILARITY))
Histor Cal Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tulisan berjudul †Historical Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah†ini adalah kajian pustaka atas sumber-sumber yang relevan. Tujuan tulisan ini untuk memberikan gambaran tentang kekhasan keterampilan berpikir yang harus dikuasai oleh mahasiswa sejarah. Pembelajaran sejarah dilihat dari materi yang dikaji sangat unik dan berbeda dengan ilmu sosial lainnya, sehingga ilmu ini membutuhkan keterampilan berpikir yang berbeda pula. Keterampilan berpikir utama yang harus dikuasai ketika mengkaji peristiwa sejarah sebagai sebuah ilmu adalah keterampilan berpikir kesejarahan (Historical Thinking), tanpa keterampilan berpikir ini maka pembelajaran sejarah menjadi kehilangan rohnya. Oleh kerana itu, mahasiswa program studi pendidikan sejarah harus memahami lebih mendalam keterampilan berpikir ini, yang tidak sama dengan keterampilan berpikir umumnya. Manfaat yang dapat ditarik dari tulisan ini akan mempermudah mahasiswa dalam mengkaji berbagai peristiwa sejarah dengan lebih bermakna sehigga pepatah†belajar sejarah dapat membuat orang bijaksana†bukan hanya sekedar ucapan belaka.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:21
Last Modified: 12 Jun 2023 02:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108203

Actions (login required)

View Item View Item