Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SIMILARITY)

Putri, Henny Rosa and Yuliantri, Rhoma Dwi Aria and Hudaidah, Hudaidah (2023) Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SIMILARITY)] Text (Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SIMILARITY))
Pengembangan Buku Digital Kerajaan Sriwijaya Berbasis Flip Book Maker Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Buku digital adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku digital Kerajaan Sriwijaya berbasis flip book maker pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Ogan Ilir adalah produk yang belum ada dan perlu dikembangkan sehingga dapat menjadi inovasi untuk sekolah ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku digital Kerajaan Sriwijaya berbasis flip book maker pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kevalidan buku digital dinilai oleh tiga pakar yakni ahli materi, media, dan bahasa. Buku digital Kerajaan Sriwijaya menggunakan flip book maker valid dan efektif. Hasil dari validitas mendapatkan nilai 4,03 masuk kategori valid. Efektifitas ditunjukkan dari hasil field test yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34,41% sehingga diperoleh dari N-gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Buku Digital, Sejarah, Sriwijaya, Flip Book Maker.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:19
Last Modified: 12 Jun 2023 02:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108311

Actions (login required)

View Item View Item