PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG (SIMILARITY)

Rokhman, Asani Yunia and Hudaidah, Hudaidah (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG (SIMILARITY)] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG (SIMILARITY))
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PALEMBANG.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak : Pendidikan merupakan salah satu wujud dari terlaksananya tujuan Negara Republik Indonesia yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-4 yang berbunyi “...mencerdaskan kehidupan bangsa...”. Pendidikan Nasional diatur dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Wahyudi, 2012:2), Pembaharuan pendidikan terus dilakukan untuk menghasilkan masyarakat yang berkualitas, berkepribadian baik dan mempunyai pengetahuan yang luas. Dalam pendidikan dikenal dengan kegiatan pembelajaran, terdapat istilah pendidik (guru) dan peserta didik. Pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap berlangsungnya proses pendidikan, sedangkan peserta didik adalah orang yang dididik. Penggunaan modul dinilai cocok untuk membantu guru dalam memegang peranan penting pada proses pembelajaran. Modul dinilai sebagai bahan ajar yang efektif dan efisien mengingat makin banyaknya hal yang harus dipelajari peserta didik, sementara jam pelajaran di sekolah tidak bertambah. Modul merupakan seperangkat materi pelajaran yang disusun secara sistematis dengan kalimat yang mudah dipahami, sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri. Selain itu modul juga dilengkapi lembar kerja peserta didik, sehingga peserta didik bisa mengevaluasi sendiri hasil belajarnya melalui modul yang disediakan. Sehubungan dengan ketetapan kurikulum 2013 yang lebih mengutamakan penilaian sikap, penulis ingin mengembangkan bahan ajar sejarah berbentuk modul yang berbasis nilai religius di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang yang mengaitkan ayat-ayat Alquran dan hadist dengan materi yang diajarkan. Dengan dikembangkannya bahan ajar ini diharapkan mampu mendorong peserta didik untuk lebih dekat dengan Alquran, lebih meningkat minat belajarnya, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan, serta mampu menemukan hikmah yang didapat dari suatu peristiwa sejarah. Keyword : Pendidikan, Modul, Nilai Religius.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:19
Last Modified: 12 Jun 2023 02:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108315

Actions (login required)

View Item View Item