PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM VIDEO SCRIBE SPARKOL PADAMATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SIMILARITY)

Kholidin, Kholidin and Safitri, Sani and Hudaidah, Hudaidah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM VIDEO SCRIBE SPARKOL PADAMATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM VIDEO SCRIBE SPARKOL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM VIDEO SCRIBE SPARKOL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM VIDEO SCRIBE SPARKOL PADAMATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SEKOLAH MEENGAH ATAS (1).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas” memuat data mengenai peninggalan Islam di kota Palembang, Masjid Agung Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaranVideo Scribe Sparkol pada mata pelajaran sejarah kelas XI di Sekolah Menengah Atas yang valid dan memiliki dampak efektifitas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan memiliki dampak efektifitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut (1) Analisis Kebutuhan, (2) Tahapan Desain, dan (3) Tahapan Pengembangan dan Implementasi. Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh tiga tim ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Kevalidan materi memiliki nilai sebesar 4,13 dengan kategori valid, kevalidan media sebesar 4,30 dengan kategori sangat valid, dan kevalidan desain pembelajaran sebesar 4,53 dengan kategori sangat valid.Penelitian pengembangan ini telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI.3 SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Efek potensial penggunaan media terlihat dari hasil belajar sebelum dan sesudah menggunaan media pembelajaranVideo Scribe Sparkol pada tahap uji coba lapangan dengan hasil rata-rata pretest yaitu 44,3 dengan kategori sangat rendah dan kemudian ratarata postest yaitu 89,6 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan sebesar 45,3% dan nilai ngain 0,81 jika 0,81 ≥ 0,7 maka termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan media pembelajaran menggunakan program Video Scribe Sparkol pada materi Masjid Agung Palembang telah berhasil diterapkan dan memiliki nilai validdan memiliki dampak efektifitas. Kata Kunci : Video Scribe Sparkol, Media pembelajaran, pengembangan, Hannafin and Peck, validitas, dan efektifitas.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 13:01
Last Modified: 12 Jun 2023 13:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108700

Actions (login required)

View Item View Item