Cover-Daftar Isi-Dewan Redaksi dan Sertifikat-Pengolahan Air Asam Tambang Sintetis Menggunakan Kombinasi Adsorben Diatomit dan Membran Keramik Nanofiltrasi

Nasir, Subriyer (2015) Cover-Daftar Isi-Dewan Redaksi dan Sertifikat-Pengolahan Air Asam Tambang Sintetis Menggunakan Kombinasi Adsorben Diatomit dan Membran Keramik Nanofiltrasi. In: Seminar Avoer 7, 21 Oktober 2015, Palembang.

[thumbnail of Prosiding_Seminar_AVoER_ke_VII_makalah_Subriyer_Nasir.pdf] Text
Prosiding_Seminar_AVoER_ke_VII_makalah_Subriyer_Nasir.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengolahan alternatif air asam tambang menggunakan adsorben diatomit dan dilanjutkan dengan membran keramik nanofiltrasi. Parameter sifat fisik dan kimia air asam tambang sintetik yang diteliti adalah pH, Total Dissolved Solids (TDS), konduktivitas listrik (EC), Total Suspended Solid (TSS) dan ion logam (Fe, dan Mn) serta ion sulfat). Hasil menunjukkan bahwa penggunaan diatomit sebagai adsorben meningkatkan pH hingga 7,5 dan menurunkan nilai TDS, EC, TSS dan mengurangi ion logam Fe, Mn, Sulfat hingga berturut-turut 75,01%, 85,56%, dan 90,45%. Membran keramik nanofiltrasi sebagai metode lanjutan menunjukkan kinerja yang cukup baik untuk mengolah air asam tambang sintetik dan air yang dihasilkan memenuhi kriteria untuk air bersih jika merujuk kepada ion logam Fe,Mn, dan ion Sulfat. Fluks permeat akan tinggi pada waktu operasi 15 menit pertama dan selanjutnya akan stabil hingga 120 menit berikutnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Subriyer Nasir
Date Deposited: 14 Jun 2023 14:27
Last Modified: 14 Jun 2023 14:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108763

Actions (login required)

View Item View Item