Implementasi Video Tutorial Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (SIMILARITY)

Ridho, Amalia and Hudaidah, Hudaidah (2023) Implementasi Video Tutorial Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (SIMILARITY). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Implementasi Video Tutorial Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (SIMILARITY)] Text (Implementasi Video Tutorial Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (SIMILARITY))
implementasi video tpturia; [endidikan karakter pada masa kuliah pendidikan kewaganegaraan.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Penelitian ini adalah Mengembangkan Bahan Ajar Pendidikan Karakter Berbasis Video Tutorial Yang Dipergunakan Pada Mata Kuliah Kepribadian Di MPK Universitas Sriwijaya. Penelitian ini berbentuk pengembangan dengan menggunakan analisis 8 langkah merujuk pada penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di unit MPK Universitas Sriwijaya jumlah sampel penelitian 110 mahasiswa, terdiri dari 55 mahasiswa pada kelas eksperimen dan 55 mahasiswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : Pertama, bahan ajar pendidikan karakter berbasis video tutorial yang telah diuji validasi oleh pakar materi dan media, kemudian diujicobakan pada one to one sebanyak 5 mahasiswa sampel, berdasarkan hasil ujicoba tersebut disimpulan video tutorial layak digunakan. Oleh karena itu maka video tutorial tersebut diujicobkan pada kelas eksperimen untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan uji validasi dengan menggunakan uji statistik menggunakan uji t disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kedua, berdasarkan uji compere mean juga diperoleh bahwa hasil belajar kelas ekspremen mean yang diperoleh lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga penelitian ini selain menghasilkan bahan ajar berbasis video tutorial untuk pendidikan karakter, membuktikan juga memberikan pengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Kata Kunci : Implementasi, video tutorial, pendidikan karakter, pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 14:16
Last Modified: 12 Jun 2023 14:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108796

Actions (login required)

View Item View Item