Laporan Penelitian_Pembuatan Magnet Permanen Berbasis Logam Tanah Jarang (Nd-Fe-B) Sebagai Komponen Generator Listrik Dan Karakterisasinya

Ramlan, Ramlan and Gulo, Fakhili and Johan, Akmal and Sardjono, Priyo (2017) Laporan Penelitian_Pembuatan Magnet Permanen Berbasis Logam Tanah Jarang (Nd-Fe-B) Sebagai Komponen Generator Listrik Dan Karakterisasinya. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Penelitian] Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian 2017 (RA).pdf - Other

Download (3MB)
[thumbnail of SK] Text (SK)
SK_REKTOR_KOMPETITIF_2017.pdf - Other

Download (818kB)

Abstract

Magnet berbasis logam tanah jarang Nd-Fe-B tergolong jenis magnet permanen yang modern dan kelebihan dari jenis magnet berbasis logam tanah jarang memiliki energi produk (BHmax) yang paling besar dibandingkan dengan jenis magnet yang lainnya yaitu bisa mencapai 50 MGOe. Magnet berbasis logam tanah jarang (NdFeB) banyak diaplikasikan di bidang otomotif, divais energy/ generator listrik, sensor, Filter dan dibidang alat-alat kesehatan. Generator listrik menggunakan komponen utamanya adalah magnet permanen, dan jenis generator yang banyak dikembangkan di Indonesia adalah generator listrik mikro hidro dan generator listrik tenaga angin. Industri generator di Indonesia saat ini masih 100% mengimpor komponen magnet permanen. Serta banyak industri-industri lain di Indonesia saat ini masih 100% impor komponen magnet permanen. Agar impor material magnet dapat di tekan maka perlu dikuasai teknologi pembuatan magnet permanen khususnya riset pembuatan magnet permanen NdFeB di Indonesia. Ketersediaan bahan baku di dalam negeri cukup banyak, yaitu bahan dasar utama magnet adalah besi (Fe) yaitu sekitar 70-80% dan material ini cukup banyak tersedia di Indonesia dalam bentuk pasir besi dan mineral Hematit. Bahan-bahan lain seperti logam tanah jarang (Nd, Dy, Pr, La) cukup banyak tersedia dalam bentuk Monasit yang terdapat di kepulauan Bangka Belitung dan ada juga di Kalimantan. Untuk mengantisipasi ini agar impor material magnet dapat di tekan maka oerlu dikuasai teknologi pembuatan magnet permanen khususnya riset pembuatan magnet berbasis logam tanah jarang di Indonesia. Diharapkan hasil riset yang akan dilakukan dapat menginisiasi berbagai industri magnet di dalam negeri dan mampu mensuplai kebutuhan magnet permanen didalam negeri. Laporan akhir kegiatan ini sampai bulan November 2017 telah dilakukan pembuatan bonded magnet permanen dengan menggunakan serbuk paduan Nd2Fe14B dan perekat epoxy resin (ER) dan bakelite melalui metode compressing. Komposisi bahan perekat yang digunakan adalah 2% berat. Dari hasil karakterisasi menunjukkan bahwa untuk sampel yang menggunakan perekat ER diperolah densitas = 5,5 g/cm3, kuat tekan = 1220 kgf/cm2 dan fluks magnetik = 1350 Gauss, sedangkan untuk sampel yang menggunakan perekat bakelite diperoleh densitas = 5,75 g/cm3, kuat tekan = 1678 kgf/cm2 dan fluks magnetik = 1570 Gauss. Dari hasil yang dicapai bila dibandingkan hasil pada tahun sebelumnya terjadi peningkatan yang signifikan. Pada hasil uji coba untuk pembuatan generator listrik telah dibuat generator listrik tipe axial. Dari hasil uji coba aplikasi magnet NdFeB pada generator listrik tipe axial, ternyata dengan menggunakan sistem satu rotor dan satu stator serta dengan jumlah magnet 6 buah diperoleh daya out generator listrik sebesar 139,8 Watt pada kecepatan putar 600 rpm.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Magnet permanen, paduan NdFeB, bonded magnet, flux magnetic, generator listrik
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 45201-Physics (S1)
Depositing User: Akmal Johan
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:35
Last Modified: 14 Jun 2023 08:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/108990

Actions (login required)

View Item View Item