Laporan Penelitian_Pembuatan Nanopartikel Aluminium (Al) Dari Limbah Aluminium Menggunakan High Energy Milling (HEM) Untuk Aplikasi Pelat Bipolar Polymer Electrolyte Membrane Fuel Cell (PEMFC)

Arsyad, Fitri Suryani and Bama, Akhmad Aminuddin and Johan, Akmal (2018) Laporan Penelitian_Pembuatan Nanopartikel Aluminium (Al) Dari Limbah Aluminium Menggunakan High Energy Milling (HEM) Untuk Aplikasi Pelat Bipolar Polymer Electrolyte Membrane Fuel Cell (PEMFC). Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Penelitian] Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian 2018 (FSA).pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of SK] Text (SK)
SK KOMPETITIF 2018.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini akan dilakukan pembuatan serbuk nanopartikel aluminium dari limbah aluminium yang ada dilingkungan menggunakan metode High Energy Milling (HEM). Proses milling atau penggilingan aluminium dilakukan dengan variasi waktu milling selama 1 jam, 3 jam dan 5 jam dengan tujuan untuk mereduksi ukuran partikel aluminium dari ukuran bulk menjadi berukuran nanometer. Aluminium yang sudah dimilling kemudian dikarakterisasi menggunakan X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui struktur dan ukuran butir partikelnya dan Scanning Electro Michroscopy (SEM) untuk melihat morfologi permukaannya. Nanoserbuk aluminium yang optimum kemudian dipadukan dengan unsur timah (Sn) untuk meningkatkan sifat konduktifitasnya. Perpaduan dilakukan dengan mengoptimasi variasi konsentrasi Sn. Al-Sn paduan yang optimum kemudian digunakan untuk membuat pelat bipolar yang memiliki konduktifitas yang baik menggunakan metode compression moulding menggunakan hot press

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Aluminum, HEM, nanosebuk, pelat bipolar, timah
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 45201-Physics (S1)
Depositing User: Akmal Johan
Date Deposited: 15 Jun 2023 15:28
Last Modified: 15 Jun 2023 15:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109023

Actions (login required)

View Item View Item