Laporan Penelitian_Pengembangan Sistem Komputasi Untuk Desain Dan Optimasi Burnup GCFR-600 MWt Dengan Thorium-Uranium Mixed Fuel

Ariani, Menik and Monado, Fiber and Johan, Akmal (2019) Laporan Penelitian_Pengembangan Sistem Komputasi Untuk Desain Dan Optimasi Burnup GCFR-600 MWt Dengan Thorium-Uranium Mixed Fuel. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Penelitian] Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian 2019 (MA).pdf - Other

Download (1MB)
[thumbnail of SK] Text (SK)
SK Penelitian Unggulan Kompetitif UNSRI 2019.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Energi nuklir merupakan sumber energi baru yang dapat dijadikan alternatif dalam penyediaan sumber listrik di Indonesia. Penggunaan energi ini menjaga udara tetap bersih karena tidak menghasilkan polusi udara penyebab efek rumah kaca. Desain reaktor ini harus memenuhi persyaratan fundamental sepertiburnup bahan bakar, reaktivitas stabil dan mampu memenuhi batas-batas keselamatan. Simulasi rinci dari hasil desain beserta analisis kecelakaan reaktor sangat kompleks karena melibatkan sejumlah persamaan matematika. Untuk itu diperlukan sumber daya komputasi yang dapatmembantu mewujudkan desain reaktor yang memenuhi kriteria sesuai standar keselamatan. Penelitian ini menghasilkan sejumlah kode komputer terintegrasi (dibangun dari bahasa pemrograman Fortran, C dan C-shell) yang dapat digunakan untuk menentukan parameter survey dari suatu desain teras reaktor cepat berpendingin helium. Bagian pertama kode terkait dengan perhitungan fluks neutron serta faktor penyusutan sel bahan bakar. Bagian kedua terkait penyelesaian persamaan difusi multigrup untuk penentuan parameter survey teras reaktor. Terkait aspek keselamatan, kode program berikutnya ditujukan untuk analisis kecelakaan yang dilakukan berdasarkan penyelesaian persamaan kesetimbangan fluks neutron dalam teras reaktor. Ketiga bagian kode program ini dirancang saling berhubungan, sehingga pada akhirnya dapat terwujud sistem komputasi untuk analisis neutronik reaktor termal berukuran kecil, berumur panjang dengan mekanisme breed-burn berbasis bahan bakar thorium dan uranium alam. Strategi penyusunan bahan bakar mengikuti skema Modified CANDLE, yang membagi teras aktif menjadi beberapa region arah aksial. Bahan bakar thorium alam awalnya dimasukkan ke dalam region-1, setelah satu siklus burnup dilakukan pergeseran ke region-2 dan region-1 akan diisi kembali oleh bahan bakar segar. Konsep pergeserannya: region-i ke region-(i+1) setelah akhir siklus burnup. Dengan strategi burnup ini reaktor dapat terus beroperasi dengan hanya penambahan thorium alam sebagai input bahan bakarnya. Survey parameter meliputi faktor kritikalitas, rasio konversi bahan fisil/fertil, efisiensi burnup, serta pemerataan distribusi daya melalui optimasi susunan dan komposisi sel bahan bakar penyusun teras reaktor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: energi, reaktor, komputasi, breed-burn, thorium
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 45201-Physics (S1)
Depositing User: Akmal Johan
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:36
Last Modified: 14 Jun 2023 08:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109037

Actions (login required)

View Item View Item