Laporan Penelitian_Optimasi Program Analisa Neutronik dan Termalhidrolik untuk Reaktor Cepat Berpendingin Helium dengan Variasi Bahan Bakar Uranium, Thorium dan Plutonium

Ariani, Menik and Monado, Fiber and Johan, Akmal (2022) Laporan Penelitian_Optimasi Program Analisa Neutronik dan Termalhidrolik untuk Reaktor Cepat Berpendingin Helium dengan Variasi Bahan Bakar Uranium, Thorium dan Plutonium. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Penelitian] Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian 2022 (MA).pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of Kontrak] Text (Kontrak)
kontrak_penelitian_5979666_53.pdf - Other

Download (2MB)
[thumbnail of SK] Text (SK)
SK REKTOR UNGGULAN KOMPETITIF TAHAP I 2022.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Energi nuklir merupakan sumber energi baru yang dapat dijadikan alternatif dalam penyediaan sumber listrik di Indonesia. Penggunaan energi ini menjaga udara tetap bersih karena tidak menghasilkan polusi udara penyebab efek rumah kaca. Desain reaktor penghasil daya listrik yang menggunakan reaksi inti sebagai sumber energi termal harus memenuhi persyaratan fundamental seperti efisiensi burnup bahan bakar, reaktivitas stabil dan mampu memenuhi batas-batas keselamatan. Simulasi rinci dari hasil desain beserta analisis kecelakaan reaktor sangat kompleks karena melibatkan persamaan transport neutron, distribusi temperatur dan tekanan tiap komponen elemen bahan bakar. Untuk itu diperlukan sumber daya komputasi yang dapat membantu mewujudkan desain reaktor yang memenuhi kriteria dan standar keselamatan. Penelitian ini mengoptimasi sejumlah kode komputer terintegrasi (dibangun dari bahasa pemrograman Fortran, C dan C-shell) dengan library Japanese Evaluated Neutron Data Library (JENDL) yang dapat digunakan untuk menentukan parameter survey dari suatu desain teras reaktor yang memiliki efisiensi dan keselamatan tinggi. Bagian pertama kode terkait dengan perhitungan fluks neutron dengan persamaan transport. Bagian kedua terkait faktor penyusutan sel bahan bakar. Bagian ketiga berisi penyelesaian persamaan difusi multigrup untuk penentuan tingkat kritikalitas reaktor dan distribusi daya. Bagian ke-empat terkait aspek termalhidrolik yang membahas perpindahan energi termal yang dihasillkan dari reaksi fisi serta efisiensi dari proses pembangkitan panas. Ketiga bagian kode program ini dirancang saling berhubungan sehingga dapat terwujud sistem komputasi terintegrasi untuk menghasilkan data analisis desain dan optimasi burnup reaktor daya GCFR 900 MWt berbasis thorium-uranium-plutonium mixed fuel yang dapat beroperasi dalam jangka panjang serta memenuhi kriteria keamanan dan ekonomis. Strategi burnup bahan bakar menggunakan Modified CANDLE dengan arah axial dan radial shuffling.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: energi, reaktor, komputasi, optimasi, termalhidrolik
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 45201-Physics (S1)
Depositing User: Akmal Johan
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:38
Last Modified: 14 Jun 2023 08:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109055

Actions (login required)

View Item View Item