Analisis Kebutuhan Instrumen Penilaian High Order Thingking Skill (HOTS) berbantu Aplikasi That Quiz

Hasmidyani, Dwi (2022) Analisis Kebutuhan Instrumen Penilaian High Order Thingking Skill (HOTS) berbantu Aplikasi That Quiz. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 6 (2). pp. 169-180. ISSN 2580-2690 (Printed ISSN) 2615-3025 (e-ISSN)

[thumbnail of 1. JURNAL NERACA.pdf] Text
1. JURNAL NERACA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan instrumen penilaian berbasis HOTS berbantu Aplikasi That Quiz pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 10 Palembang. Metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian yaitu 3 orang pendidik mata pelajaran ekonomi dan 43 orang peserta didik kelas XI.8. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data wawancara dan dokumentasi dengan pendeskripsian, sedangkan angket di analisis dengan rumus persentase. Hasil wawancara di peroleh informasi mengenai butir soal dibuat telah berbasis HOTS namun belum bervariasi dan belum menggunakan aplikasi berbasis online. Data dokumentasi menunjukkan bahwa baru 7% soal dengan tingkatan analisis. Hasil angket yang di peroleh menunjukkan peserta didik menyukai jenis pertanyaan berbasis HOTS sebesar 67,4% dan 71% merasa semangat jika dikerjakan dengan bantuan aplikasi online. Sehingga bisa disimpulkan bahwa, pendidik dan peserta didik membutuhkan instrumen penilaian berbasis HOTS berbantu aplikasi That Quiz pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 10 Palembang

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Dwi Hasmidyani
Date Deposited: 12 Jun 2023 15:30
Last Modified: 12 Jun 2023 15:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109128

Actions (login required)

View Item View Item