PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG PALEMBANG KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA (similarity)

Oktivianto, Orchidta Ikhwani and Hudaidah, Hudaidah and Alian, Alian (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG PALEMBANG KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA (similarity). Jurnal Pendidikan. (Submitted)

[thumbnail of PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR  PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG PALEMBANG KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA (SIMILARITY)] Text (PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG PALEMBANG KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA (SIMILARITY))
JURNAL_PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA FILM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN SEJARAH MATERI PERANG PALEMBANG KELAS X DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Role Playing dengan media film terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenispenelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Design.Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Maret 2018 sampai dengan 17 Maret 2018 selama tiga kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis adalah uji regresi sederhana dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan uji hipotesis analisis didapatkan nilai Fhitung≤ Ftabel, atau 0,64 ≤ 4,20. jika nilai Fhitung≤Ftabelmaka tolak Ha. Karena Flinier hitung lebih kecil dibandingkan dengan Ftabel, maka tolak Hadan terima H0, artinya tidak terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran Role Playing dengan media film terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran sejarah materi Perang Palembang kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang.Kata Kunci:Pengaruh, Model Pembelajaran Role Playing,Media Film, Motivasi Belajar

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 16:41
Last Modified: 12 Jun 2023 16:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109143

Actions (login required)

View Item View Item