Similarity Results of ANALISIS MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM BUKU TEKS PELAJARAN KIMIA SMA_MA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD

Sari, Diah Kartika (2023) Similarity Results of ANALISIS MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM BUKU TEKS PELAJARAN KIMIA SMA_MA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD. Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Similarity Result of ANALISIS MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM BUKU TEKS PELAJARAN KIMIA SMA_MA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD] Other (Similarity Result of ANALISIS MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM BUKU TEKS PELAJARAN KIMIA SMA_MA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD)
Similarity Result of ANALISIS MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM BUKU TEKS PELAJARAN KIMIA SMA_MA KELAS XI BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD (1).pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Peritian ini bertujuan untuk menganalisis materi hidrolisis garam dalam buku teks SMA/MA kelas XI berdasarkan kriteria tahap seleksi 4S TMD. Tahap seleksi dari 4S TMD yang digunakan terdiri dari kesesuaian materi dengan kurikulum 2013, kebenaran konsep, dan penanaman nilai. Kesesuaian materi dengan kurikulum 2013 ditinjau dari keluasan materi dan kedalaman konsep. Hasil analisis keluasan materi pada buku teks A terdapat 8 label konsep dinyatakan sesuai. Sedangkan buku teks B terdapat 8 label konsep yang dinyatakan sesuai, dan 1 label yang dinyatakan terlalu luas. Hasil analisis kedalaman konsep buku teks A terdapat 1 konsep yang dinyatakan sesuai, 4 konsep kurang dalam, 3 konsep terlalu dalam. Pada buku teks B terdapat 2 konsep yang dinyatakan sesuai, 3 konsep kurang dalam, dan 3 konsep terlalu dalam. Hasil analisis kebenaran konsep buku teks A terdapat 2 label konsep yang dinyatakan sesuai secara keilmuwan, dan 6 label konsep yang dinyatakan belum sesuai. Pada buku teks B terdapat 8 label konsep yang dinyatakan sesuai kebenaran secara keilmuwan. Hasil analisis penanaman nilai buku teks A terdapat 8 nilai yang ditanamkan yaitu, religus, toleransi, demokratis, bersahabat/ komunikatif, kerja keras, rasa ingin tahu, disiplin, dan tanggung jawab. Pada- buku teks B terdapat 7 nilai yang ditanamkan yaitu, toleransi, demokratis, bersahabat/komunikatif, kerja keras, rasa ingin tahu, disiplin, dan tanggung jawab. Hasil analisis seleksi menunjukkan bahwa buku teks B lebih baik daripada buku teks A, kedua buku teks ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Buku Teks, Hidrolisis Garam, 4S TMD

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1)
Depositing User: Diah Kartika Sari
Date Deposited: 20 Jun 2023 00:02
Last Modified: 20 Jun 2023 00:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109198

Actions (login required)

View Item View Item