HILAL, MUHAMMAD and Oemar S., Bakrie (2005) STUDI EKSPERIMENTAL SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS DENGAN KADAR 4% DAN 11% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI BAHAN CAMPURAN LAPISAN ASPHALT TREATED BASE (ATB). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03003110151.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (116MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (35MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (562kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03003110151_9900983165_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (42MB) | Request a copy |
Abstract
Pekerasan jalan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain dipengaruhi oleh absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara dalam campuran (VIM) dan gradasi agregat. Gabungan dari kelima faktor ini akan memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air di permukaan perkerasan tidak mampu masuk kedalam konstruksi badan jalan dibawahnya. Hasil pengujian Marshalll Test dan Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan bahwa campuran aspal dengan serbuk karet ban luar bekas sebesar 4% sebagai bahan pengganti sebagian agregat halus bisa digunakan sebagai bahan perkerasan jalan pada lapisan ATB. Hal ini dikarenakan campuran aspal tersebut telah memenuhi standar spesifikasi Bina Marga walaupun kinerja yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan campuran aspal normal, dimana nilai stabilitas yang dihasilkan adalah 761.78 kg dan nilai stabilitas dari campuran aspal normal sebesar 1448.8725 kg. Sedangkan untuk campuran aspal dengan 11% serbuk karet ban luar bekas tidak memenuhi standar spesifikasi Bina Marga karena nilai stabilitas nya lebih rendah dibandingkan dengan nilai stabilitas yang dianjurkan oleh Bina Marga. Hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan nilai minimum abrasi Cantabro pada campuran aspal dengan serbuk karret ban luar bekas sebesar 0.319% dan 0.112% untuk masing-masing kadar serbuk karet 4% dan 11%, sedangkan pada campuran aspal normal nilai minimum Cantabro yang dihasilkan sebesar 0.694%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kadar aspal, serbuk karet ban luar bekas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA401-492 Materials of engineering and construction. Mechanics of materials > TA401.A327 Materials science |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:17 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109418 |
Actions (login required)
View Item |