Maulidia, Yuriza and Hudaidah, Hudaidah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang (SIMILARITY))
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web untuk peserta didik agar mampu memahami pelajaran sejarah khususnya tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva materi sejarah kemerdekaan Indonesia, didasari oleh pembelajaran yang hanya menggunakan satu jenis media saja hal ini membuat peserta didik menjadi jenuh. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang pada tanggal 20 September 2022. Media ini dikembangkan menggunakan aplikasi editor Canva dengan jenis media berupa audio visual yang kemudian di unggah pada laman Portal Rumah Belajar. Adapun pada uji validasi yang dilakukan oleh validator ahli menunjukkan hasil penilaian sangat baik, dengan begitu media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk di uji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan peningkatan motivasi serta hasil belajar yang sangat baik. Kata kunci: Media Pembelajaran, Canva, Portal Rumah Belajar, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Hudaidah Hudaidah |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:56 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:56 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109583 |
Actions (login required)
View Item |