LOKALITAS TRADISI MELEMANG (LEMANG) DI DAERAH KARANG RAJE (SIMILARITY)

Seruni, Seruni and Hudaidah, Hudaidah (2023) LOKALITAS TRADISI MELEMANG (LEMANG) DI DAERAH KARANG RAJE (SIMILARITY). TURNITIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. (Submitted)

[thumbnail of LOKALITAS TRADISI  MELEMANG (LEMANG) DI DAERAH KARANG RAJE (SIMILARITY)] Text (LOKALITAS TRADISI MELEMANG (LEMANG) DI DAERAH KARANG RAJE (SIMILARITY))
JURNAL_LOKALITAS TRADISI MELEMANG (LEMANG) DI DAERAH KARANG RAJE.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokalitas mengenai tradisi melemang yang dilakukan oleh masyarakat karang raje. Melemang (lemang) merupakan sejenis makanan yang terbuat dari ketan dan dilapisi dengan daun pisang, kemudian dimasukkan ke dalam ruas bambu. Melemang adalah tradisi adat yang sering dilakukan oleh masyarakat daerah Muara Enim khususnya desa Karang Raje ketika mengadakan suatu acara atau sedekah desa. Melemang biasannya sering dilakukan ketika memasuki bulan muharram. Budaya ini telah terdapat semenjak era puyang serta dicoba secara turun temurun sampai dikala ini. Melemang dicoba oleh warga karang raje dengan tujuan penolak bala terbentuknya musibah, semacam musibah banjir yang hendak menyerang wilayah tersebut, Tsunami, serta musibah yang lain. Melemang tidak cuma dicoba buat tolak bala namun pula dicoba buat mengadakan sedekah dusun semacam perkawinan, sunatan, serta kegiatan yang lain. Nilai- nilai budaya yang bisa kita petik dari tradisi melemang ini merupakan nilai kekompakan, keramahtamahan, serta solidaritas. Uraian serta penjelasan di atas ialah pangkal acuan serta pendorong kita buat mengangkut riset tentang sejarah local di sesuatu wilayah, spesialnya karang raje. Keywords: Melemang, Karang Raje, Tradisi, lokalitas.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Hudaidah Hudaidah
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:05
Last Modified: 14 Jun 2023 07:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/109772

Actions (login required)

View Item View Item